nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Tidur Anda Nyenyak? Perhatikan 5 Hal Ini

Aris Wardani, Jurnalis · Senin 04 Maret 2019 21:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 04 481 2025738 mau-tidur-anda-nyenyak-perhatikan-5-hal-ini-RoLM8wyx4K.jpg Ilustrasi (Foto: Healthline)

Apakah posisi tidur Anda selama ini benar? Mungkin itu benar jika tergantung pada tubuh Anda.

Misalnya, jika Anda hamil, berbaring telentang dapat menyebabkan lebih banyak tekanan dan ketidaknyamanan pada perut atau jika menderita sakit punggung, posisi tidur Anda yang salah.

Bagaimanapun tidur yang nyaman itu memiliki banyak manfaat seperti :

- menjaga agar tulang belakang Anda tetap lurus

- mengurangi sakit kepala karena tegang

- membantu kondisi kronis dengan mengurangi tekanan pada tubuh

Sebelum Anda tidur cobalah perhatikan hal berikut :

1. Posisi Tidur

Jika Anda mengalami sakit pada saat terbangun di pagi hari maka pada saat tidur ada yang salah pada posisi tidur Anda. Cobalah untuk memperhatikan posisi tidur Anda sebelum terlelap supaya pada saat bangun di pagi hari tidak merasakan sakit ataupun nyeri punggung..

Tidur Lelap

2. Bantal

Bantal yang terlalu tinggi tidak baik untuk tidur Anda karena dapat membuat leher Anda sakit pada saat terbangun di pagi hari. Alih-alih segar pada saat Anda terbangun malah membuat Anda tidak nyaman dalam beraktifitas.

3. Tempatkan bantal di bawah lutut

Coba letakkan bantal di bawah lutut Anda. Ini selanjutnya akan membantu menghilangkan rasa sakit pada tulang belakang dan dapat mengurangi tekanan pada tubuh Anda.

4. Rentangkan tangan dan kaki Anda

Tidur tidak berarti tangan selalu di samping dan kaki lurus selamanya. Bahkan membuat otot-otot akan terasa kaku pada saat terbangun. Dengan merentangkan tangan dan kaki Anda, Anda juga mendistribusikan berat badan sehingga tekanan tidak menumpuk di sendi Anda.

5. Berikan Batasan Pada Tidur

Memberikan batasan dengan bantal pada posisi tidur akan membuat Anda terasa nyaman dikarenakan tubuh tidak akan bebas bergerak pada saat tertidur dan mengurangi resiko nyeri pada saat Anda terbangun dipagi hari. Pada saat tidur tubuh akan bergerak tidak sesuai keinginan Anda, apalagi bila Anda sudah terbiasa terbangun posisi tidur Anda sudah tidak ditempat dimana pada saat pertama tidur.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini