Artis Ini Minum ASI Saudara Kandungnya Sendiri, Ini Dampak yang Terjadi!

Amanda Rahmadianti Syafira, Jurnalis · Senin 04 Maret 2019 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 04 612 2025452 artis-ini-minum-asi-saudara-kandungnya-sendiri-ini-dampak-yang-terjadi-SUQHXGBwjL.jpg Air ASI untuk pengobatan orang dewasa (Foto: Verywell Family)

Dalam sebuah video Instagram yang diposting seorang aktris Tamera, baru-baru ini menjadi viral di sosial media. Dalam video tersebut ia baru saja mengaku bahwa ia meminum ASI saudara perempuannya dalam upaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“ASI Anda adalah susu terbaik yang pernah saya coba dalam hidup saya!” Seru Tia dalam video tersebut. Tia yang turut membagikan video tersebut, beralasan jika ASI yang adiknya minum untuk membantu penyembuhannya.

Baca juga :

"Saya mengiriminya artikel tentang ASI yang memiliki sifat penyembuhan dan tidak apa-apa dengan meminum ASI saya," katanya dalam keterangannya. Dia sudah mencoba beberapa kali sebelumnya dan tidak masalah karena dia adalah saudara kembar saya." ucap Tia yang melahirkan Putrinya Cairo, 9 bulan lalu.

Mowry bersaudara bukan yang pertama kali menguji kekuatan ASI manusia. Dalam sebuah episode “Kourtney & Kim Take Miami”, Kim Kardashian mencoba minum dan membalurkan ASI adik perempuannya Kourtney Kardashian ke kulitnya dalam upaya meringankan penyakit psoriasis. Kim sebelumnya mengalami penyakit kulit psoriasis, di mana kulitnya merah, gatal, dan juga bersisik.

National Psoriasis Foundation kemudian membantah mitos ini, dengan mengatakan tidak ada dasar ilmiah untuk perawatan yang dilakukan Kardashian. Meminum ASI untuk orang dewasa, telah lama menjadi kontroversi di kalangan dokter, ahli diet, dan seseorang yang baru menjadi ibu.

Seperti yang dilansir GlobalNews, Senin (4/3/2019). Jack Newman, yang mendirikan International Breastfeeding Centre, percaya ASI dapat memiliki kualitas yang bermanfaat bagi orang dewasa terutama bagi seseorang yang sedang sakit.

"Ada berbagai faktor kekebalan dalam cairan tubuh yang akan membantu orang melawan infeksi," kata Newman.

Ketika seseorang menyusui, dia memberikan beberapa antibodi pelindung kepada bayinya dan memperkuat sistem kekebalan mereka. Newman percaya ASI dapat memiliki efek yang sama pada orang dewasa.

“Selama orang yang memberikan susu itu tidak terinfeksi HIV, maka sebenarnya tidak ada masalah,” kata Newman.

Sebaliknya, ahli diet terdaftar Abby Langer, percaya bahwa meminum ASI dapat berpotensi berbahaya bagi orang dewasa. "Ini cairan tubuh, dan jika seseorang memiliki penyakit menular, maka itu akan keluar melalui ASI," kata Langer. Langer berpikir ini hanyalah satu dari serangkaian tren kesehatan yang tidak ilmiah yang mulai muncul di masyarakat.

"Kami terus-menerus mengikuti tren penyembuhan ini, tetapi ASI tidak pernah terbukti bermanfaat bagi orang dewasa,"kata Langer.

“Tentu saja, kita harus tetap terbuka terhadap ide-ide baru. Mungkin ada banyak teknik penyembuhan yang belum ditemukan di dunia ini." Katanya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini