nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keluarga Kerajaan Inggris Tidak Boleh Sembarangan Main Medsos, Ini Aturannya

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 05 Maret 2019 13:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 05 196 2025997 keluarga-kerajaan-inggris-tidak-boleh-sembarangan-main-medsos-ini-aturannya-QO21TKNz8r.jpg Keluarga kerajaan Inggris tidak boleh sembarangan main media sosial (Foto:Bazaar)

SEMUA orang pada dasarnya memang memiliki hak untuk berpendapat, baik itu di dunia nyata ataupun di dunia maya melalui media sosial.

Namun tidak bisa disangkal, seiring dengan perkembangan media sosial, kebebasan berpendapat ini dimanfaatkan oleh sebagian orang dengan cara yang kurang tepat. Salah satunya dengan berkomentar ataupun menyebarkan rumor seenaknya.

Rumor atau komentar ‘hate speech’ yang mana termasuk dalam online abused atau penyalahgunaan online ini juga salah satunya menyerang dua menantu perempuan kerajaan Inggris, Kate Middleton dan Meghan Markle.

 Prince Harry Attends The Army v Navy Match At Twickenham

Seperti dilansir Harpersbazaar, Selasa (5/3/2019) hingga akhirnya pihak keluarga kerajaan Inggris memutuskan mengeluarkan pedoman resmi menggunakan media sosial semata-mata untuk membuat lingkungan yang sehat di laman akun resmi kerajaan Inggris yang dijalankan oleh Royal Family, Clarence House, dan Kensington Palace, bunyi siaran media yang beredar.

Baca Juga:

6 Daftar Turis Terburuk di Dunia, Nomor 1 Tidak Heran

6 Gaya Rambut Fenomenal Syahrini, Nomor 5 yang Bikin Reino Barack Kepincut?

Pengumuman ini sendiri keluar setelah Meghan dan Kate yang dilaporkan menjadi target online abuse dan juga beredarnya rumor tak sedap di antara keduanya.

Pedoman bersosial media ini dikeluarkan oleh Royal Family secara resmi, untuk menjadi petunjuk jelas bagaimana publik bisa berinteraksi dengan akun media sosial kerajaan Inggris yang dijalankan oleh Royal Family, Clarence House, dan Kensington Palace.

“Kami meminta siapa pun yang terlibat dengan akun media sosial kami untuk menunjukkan sopan santun, kebaikan dan rasa hormat untuk semua anggota komunitas media sosial kami,” bunyi pengumuman yang dikeluarkan.

Pedoman bersosial media yang dikeluarkan kerajaan Inggris ini terdiri dari, pertama komentar yang ditulis tidak boleh mengandung spam, memfitnah, menipu, bersikap cabul, menyinggung, mengancam, berkata kasar, penuh kebencian, meradang, atau mempromosikan materi atau kekerasan yang eksplisit secara seksual.

 The Duke And Duchess Of Cambridge Diamond Jubilee Tour - Day 2

Kedua, komentar juga tidak boleh mengandung pernyataan soal diskriminasi berdasarkan ras, jenis kelamin, agama, kebangsaan, kecacatan, orientasi seksual atau usia. Selain itu, para netizen juga tidak boleh berkomentar di luar konten, contohnya menuliskan iklan atau mempromosikan layanan tertentu.

Terakhir, disebutkan juga komentar yang dibuat juga tidak boleh melanggar salah satu ketentuan dari salah satu platform media sosial itu sendiri.

Royal Family juga memiliki memiliki hak untuk menghapus komentar atau memblokir pengguna yang tidak mengikuti pedoman, atau mengirim komentar kepada pihak berwenang jika dianggap tindakan tersebut diperlukan.

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini