nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Waktu Paling Tepat untuk Olahraga, Jangan Sampai Salah

Dito Bagus Wibowo, Jurnalis · Selasa 05 Maret 2019 14:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 05 481 2026031 3-waktu-paling-tepat-untuk-olahraga-jangan-sampai-salah-aaMawa44fz.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAIN mengatur pola makan yang sehat dan seimbang, olahraga juga perlu dimasukkan ke dalam rutinitas harian Anda kalau mau berat badan cepat turun. Olahraga pada dasarnya boleh dan baik dilakukan kapan saja, di mana saja untuk menjaga kesehatan kita.

Lantas, adakah waktu olahraga terbaik agar penurunan berat badan lebih efektif? Melansir TIme, ada tiga saat tepat untuk melakukan olahraga.

Memang, penelitian menyatakan olahraga pagi hari mampu menurunkan berat badan lebih konsisten. Tapi, beberapa bukti menunjukkan bahwa olahraga malam hari juga dapat mengatur orang untuk menurunkan berat badan.

Sebuah makalah baru yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Physiology menemukan bahwa olahraga malam hari tidak mengganggu tidur, dan seiring waktu juga dapat mengurangi kadar hormon ghrelin yang merangsang rasa lapar, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Intip Rumah Sederhana Ibunda Luna Maya di Bali

1. Olahraga pagi

Usahakan Anda di pagi hari dengan melakukan lari pagi atau jogging selama 10 menit, dengan keadaan perut kosong. Karena itu cara terbaik untuk membakar lemak yang tersimpan, menurunkan berat badan dan menjadi lebih ideal.

Sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of Physiology menemukan bahwa berolahraga pada jam 7 pagi dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar atau fresh. Sehingga di malam hari menjadi lebih cepat lelah di bandingkan tidak berolahraga di pagi hari.

Keringat pagi juga dapat menyebabkan kesehatan mental dan produktivitas yang lebih baik sepanjang hari, karena olahraga sangat baik untuk mengurangi stres.

Tetapi jika Anda benar-benar bukan orang yang terbiasa untuk berolahraga di pagi hari, jangan memaksakannya. "Anda mungkin berolahraga, tetapi mungkin pada tingkat intensitas rendah sehingga Anda benar-benar tidak menghabiskan banyak energi," kata Hackney.

Baca Juga: Syahrini-Reino Barack Berbusana Pengantin Sunda, Netizen: Geulis dan Kasep Pisan!

2. Olahraga sore

Olahraga di pagi hari sangatlah lebih ideal untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan, tetapi sama halnya dengan olahraga di sore hari juga akan menyehatkan paru-paru.

Selain itu, dengan olahraga sore juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menghindari kadar lemak dalam olahraga yang akan membuat tubuh anda lelah di akhir hari.

Studi Journal of Physiology menemukan bahwa berolahraga antara jam1 sampe jam 4 dapat membuat tubuh anda menjadi lebih fresh dengan cara yang sama seperti olahraga di pagi hari. Bahkan berolahraga dengan berjalan di sore hari dapat membantu anda bersemangat dan fokus kembali.

3. Olahraga malam

Bagi banyak orang, berolahraga paling nyaman setelah bekerja. Tetapi ada kepercayaan umum bahwa olahraga malam sangat membuat Anda lelah sehingga sulit untuk tertidur di kemudian hari.

Journal of Physiology menemukan bahwa berolahraga antara jam 7 malam sampai jam 10 malam, tidak akan membuat kurang optimal untuk beristirahat. "Bukti menunjukkan bahwa, selama Anda tidak berolahraga, mandi, dan langsung beristirahat,itu sama sekali tidak mengganggu pola tidur Anda." katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini