nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tersedak Popcorn, Balita Ini Alami Hal Mengerikan

Nur Anisa Putri, Jurnalis · Selasa 05 Maret 2019 16:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 05 481 2026098 tersedak-popcorn-balita-ini-alami-hal-mengerikan-RzvfwCBfsX.jpg Balita hampir meninggal karena tersedak popcorn (Foto: Dailymail)

Setiap orangtua pastinya harus selalu mengawasi anaknya, termasuk saat mereka sedang makan. Dan sebagian besar orangtua sadar dengan bahayanya tersedak makanan seperti tersedak buah anggur atau sosis. Tetapi, ada satu lagi yang bisa sama bahayanya, namun sering diabaikan, yaitu tersedak popcorn.

Nicole Johnson Goddard, seorang ibu dari tiga anak, mengetahui hal ini setelah dia mengalami cobaan mengerikan yang dialami oleh putranya, Nash.  Masih usia balita, Nash harus dikirim ke dalam operasi darurat.

Untungnya, Nash sudah mulai pulih, tetapi itu mendorong Nicole untuk membagikan kisah anaknya di Facebook sebagai peringatan kepada orang tua lain untuk berpikir dua kali sebelum memberikan popcorn kepada anak-anak mereka sebagai camilan. Saat mereka sekeluarga sedang makan, Nash sempat tersedak dan dia tampak baik-baik saja. Keesokan harinya, keadaan Nash berubah menjadi lebih buruk.

Balita

"Dia demam, jadi aku memberinya Motrin dan menidurkannya," tulis Goddard. Nicole juga mengatakan kalau napas anaknya menjadi agak berat dan dia merasa jadi tidak nyaman lalu Nicole segera menghubungi dokter anak.

Setelah melakukan ronsen dada dan bronkoskopi, dokter menemukan sesuatu yang jauh lebih buruk daripada pilek. Ternyata Nash menyedot popcorn ke dalam paru-parunya ketika dia tersedak.

balita tersedak popcorn

"Tubuh mengenalinya sebagai benda asing dan menimbulkan kantong nanah di sekitarnya. Semua peradangan menyebabkan dia mengembangkan penyakit infeksi di paru-paru kirinya," ujar Nicole, melansir Popsugar, Selasa (5/3/2019).

Dia masuk rumah sakit untuk di operasi, dan dokter mengeluarkan enam buah popcorn dari paru-paru bocah itu, meskipun ada kemungkinan lebih banyak yang tidak terlihat karena ada peradangan. Mereka harus mengulangi prosedur itu dua hari kemudian.

"Sekali lagi, anak saya harus di operasi. Dokter menemui kami ketika sudah selesai dan mengatakan prosedurnya berhasil, Nash sangat hebat," imbuhnya.

Balita

Dia memutuskan untuk berbagi pengalamannya karena itu semua ada hubungannya dengan popcorn, yang sudah menjadi camilan sehari-hari di keluarganya seperti yang lainnya. "Saya mendapat pelajaran tentang bagaimana popcorn seharusnya tidak diberikan kepada siapa pun yang di bawah lima tahun," akunya.

"Saya menulis ini sebagai pembuka mata bagi orang-orang untuk melihat apa yang Anda pikir baik dapat dengan cepat berubah menjadi sesuatu yang buruk." imbuhnya, seraya menambahkan bahwa dia bersyukur sudah mempercayai intuisinya bahwa putranya dalam bahaya.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini