nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masak Bibimbap Pakai Kentang dan Sari Apel, Chef Amerika Ini Dikritik Pedas Netizen

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 18:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 06 298 2026618 masak-bibimbap-pakai-kentang-dan-sari-apel-chef-amerika-ini-dikritik-pedas-netizen-OZBfPYNSBr.jpg Chef yang dibully (Foto: Nextshark)

MASAKAN tradisional adalah salah satu wujud bentuk kekayaan budaya kuliner yang dimiliki oleh setiap negara. Maka wajar saja, jika ada yang dirasa salah atau kurang tepat dalam pengolahan atau penyajiannya akan menimbulkan reaksi.

Misalnya seperti yang baru-baru ini dialami oleh seorang koki Amerika, Justin Warner yang dinilai telah menyalahi bagaimana cara membuat salah satu hidangan khas Korea, Bibimbap.

Resep hidangan bibimbap yang dibuat oleh Justin dalam sebuah segmen tayangan acara televisi "Guy’s Ranch Kitchen" di stasiun televisi Food Network, pada Desember 2018 lalu disebutkan telah mengusik banyak orang Asia, terutama orang Korea Selatan di linimasa Facebook.

 BACA JUGA : Prosesi Sungkeman, Syahrini-Reino Barack Kompak Kenakan Outfit Serba Putih

Bagaimana tidak membuat alis terangkat? Pasalnya, hidangan bibimbap yang dipersiapkan oleh chef Justin tersebut dinilai terlalu dipaksakan menjadi hidangan bibimbap yang dibuat versi Amerika nya.

 

Pertama, bibimbap yang mana versi aslinya menggunakan nasi sebagai komponen utama diganti oleh Justin dengan menggunakan nugget kentang. Padahal nama dari hidangan ini, 'bap' sendiri adalah nasi dalam bahasa Korea, sementara bibim artinya mencampur berbagai bahan-bahan lainnya.

Sejatinya, hidangan bibimbap ini adalah makanan yang dibuat secara sederhana. Semangkuk nasi putih hangat dicampur bersama tumisan aneka sayur dan irisan daging sapi, lalu diberi bumbu seperti gochujang (pasta cabai), kecap, atau doenjang (pasta kedelai fermentasi). Kemudian sebagai topping tambahan, bisa ditambahkan telur mentah atau telur mata sapi goreng.

 

Ironisnya, tidak hanya mengganti komponen utama nasi dengan nugget kentang, Justin juga menyebut gochujang, sebagai "kecap Korea," yang mana kemudian ia campurkan dengan bahkan dicampur dengan sari apel (apple cider) yang semakin mencederai keaslian dari hidanga bibimbap ini sendiri.

Melihat bagaimana Justin membuat dan mencederai hidangan terkenal Korea satu ini, para netizen pengguna Facebook pun akhirnya ramai mengkritik Justin. Seperti salah satunya, Tammy Lee yang mengunggah video viral ini, ia menuliskan yang dibuat Justin bukanlah bibimbap tapi bibimnot.

 

“Pertama-tama, gochujang itu ya gochujang bukan kecap Korea. Kenapa? Ya karena soy sauce itu ya soy sauce. Lalu nasi yang diganti kentang lalu ditaruh di mangkuk Dolsot? Bibim berarti "campuran" dan bap berarti "nasi". Ini adalah hidangan nasi campur, bukan TATER TOTS! Dan buang saja itu sari apel! Jangan muncul di televisi nasional dan menyebut hidangan itu sebagai bibimba, ini BIBIMNOT,” tulis Tammy Lee panjang lebar, seperti disitat Nextshark, Rabu (6/3/2019).

Well, nyatanya banyak netizen lainnya yang sepemikiran dengan Tammy. Setuju bahwa hidangan buatan Justin tersebut adalah sebuah kesalahan terhadap sajian bibimbap asli Korea.

“Baru saja mau menuliskan mereka sebuah surat, aku tidak akan diam saja melihat penistaan ini,” ujar netizen lainnya.

 BACA JUGA : Kylie Jenner si Ular dan Kim Kardashian si Leopard, Siapa Lebih Seksi?

“Mengapa orang bodoh itu selalu harus mengacaukan makanan negara lain?” tanya netizen lainnya

“Ini menghina, omong kosong. Ketika orang non-Korea bertindak seperti mereka tahu tentang kita dan budaya kita, hanya untuk tidak menghormati kita,” seru salah seorang netizen lain.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini