nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Flu, Kaki Pria Ini Harus Diamputasi, Kok Bisa?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 23:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 06 481 2026805 gara-gara-flu-kaki-pria-ini-harus-diamputasi-kok-bisa-IXa5pLMze1.jpg Gara-gara flu pria ini harus diamputasi (Foto: VT.CO)

BERBAGAI macam virus dan bakteri dengan mudah berkembangbiak selama musim penghujan. Ada baiknya setiap orang menjaga kesehatan tubuhnya agar terhindari dari berbagai macam penyakit yang bisa menular dengan mudah. Salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat adalah flu, namun jangan sepelekan penyakit yang satu ini, salah-salah justru bisa berakibat fatal.

Seorang tukang pos kehilangan kedua kakinya hanya dalam tempo tiga bulan setelah ia divonis mengalami sakit flu. Adalah Ryan Nulty, seorang pria asal Horsham, Inggris yang mengeluh sakit karena kerap menghadapi cuaca yang tidak bersahabat. Awalnya ia mengeluh sakit pada tulang, dan merasakan beberapa keanehan dalam tubuhnya seperti berkeringat dan kedinginan.

 BACA JUGA : Pasang Foto Seksi Khloe Kardashian Malah Dihujat Netizen, Ternyata Begini

Di saat yang bersamaan sekujur wajah Ryan pun mengalami ruam dan kakinya berubah menjadi sedingin es. Ia sama sekali bahwa dirinya telah mengidap sepsis. Sepsis sendiri adalah sebuah kondisi yang mengancam jiwa dimana sistem kekebalan tubuh mengalami overdrive ketika melawan infeksi. Hal ini menyebabkan cedera pada dirinya sendiri.

Pada 14 Oktober 2018 Ryan sempat kritis dan mulai hilang kesadaran. Ia dilarikan ke rumah sakit dan menghabiskan delapan hari dalam keadaan koma. Setelah sadar, ia kembali mengalami halusinasi dan delusi. Parahnya, sepsis yang dialaminya menyebabkan gagal ginjal yang mengakibatkan dalisis. Akibatnya kaki Ryan perlahan mengalami gangren dan dokter terpaksa mengamputasi keduanya.

“Saya merasa sangat buruk, tetapi seperti semua pria, saya hanya pulang ke rumah, mandi dan naik ke tempat tidur, berharap saya bisa menidurkannya. Kemudian Keesokan paginya, saya terbangun dengan perasaan jauh lebih buruk dan kakiku begitu dingin sehingga aku harus memakai sandal merah muda yang berbulu,” tutur Ryan, melansir dari VT, Rabu (6/3/2019).

 

Dalam kondisi tidak karuan, Ryan pun dikagetkan dengan pernyataan para dokter dimana mereka harus mengamputasi kakinya akibat penyakit tersebut. Namun, dengan dukungan sang istri, Shaaron, Ryan pun dengan berani menjalani amputasi. Tak hanya itu, Shaaron pun dengan setia merawat dan membantu sang suami untuk mengerjakan aktivitas sehari-hari.

 BACA JUGA : Pasang Foto Seksi Khloe Kardashian Malah Dihujat Netizen, Ternyata Begini

“Kaki telah menjadi sangat keras dan hampir hitam. Kulitnya seperti kulit tebal. Saya tahu kaki ini harus diamputasi sehingga saya menjalani operasi. Shaaron luar biasa. Dia membantu saya berpakaian, memandikan saya, dan membawa saya berkeliling dengan kursi roda. Tanpa dia, saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan,” tutupnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini