nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral! Tantangan Melempar Sepatu Vans Rasuki Para Vanshead di Sosmed

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 09:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 06 612 2026398 viral-tantangan-melempar-sepatu-vans-rasuki-para-vanshead-di-sosmed-lO9dwYXeeS.jpg

PARA pencinta sneakers di dunia tengah dihebohkan oleh sebuah tantangan unik yang viral sejak, Senin kemarin yakni, Vans Challenge. Sesuai dengan namanya, tantangan ini melibatkan sebuah brand sepatu kenamaan asal Amerika Serikat, Vans Off The Wall.

Awal mula Vans Challenge sendiri berasal dari seorang pengguna Twitter dengan user @lbelievthehype. Dalam unggahan videonya, Lana menjelaskan bahwa tidak peduli setinggi atau sejauh apapun sepatu Vans dilempar, sepatu itu akan mendarat pada posisi sempurna atau tidak terbalik sama sekali.

Baca juga :

Benar saja, video yang diunggah oleh Lana berhasil membuktikan hal tersebut. Ketika ia melempar sepasang sepatu Vans model old-school bermotif papan catur (checkerboard), sepatu itu tampak berbalik sempurna ketika menyentuh lantai. Aneh tapi nyata, tapi hal ini benar-benar terjadi.

Video tersebut sontak menarik perhatian netizen dari berbagai belahan dunia. Hingga berita ini dituliskan, video Lana telah mendapat lebih dadi 91 ribu retweet dan ribuan komentar netizen.

Tak sedikit pula netizen yang mencoba untuk mempraktikkannya. Dan, lagi-lagi mereka dibuat terkejut saat melihat hasilnya. Semua sepatu benar-benar mendarat dengan sempurna, bahkan ada yang sampai melemparnya dari atas tangga.

Vans Challenge besutan Lana ini ternyata sampai juga ditelinga Steve Van Doren, anak dari Founder Vans, Paul Van Doren. Seolah tak percaya, Steve mencoba melempar beberapa pasang sepatu di salah satu gerai Vans di Eropa. Aksi Steve pun sempat terekam kamera dan diunggah melalui akun twitter resmi @VANS_Europe.

Okezone pun tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut penjelasan ilmiah dibalik fenomena unik tersebut. Satu-satunya informasi yang paling berkaitan dengan Vans Challenge ini adalah hasil pengamatan para ahli tentang kebiasaan kucing yang selalu mendarat di atas kakinya meski telah dilempar dalam ketinggian tertentu.

Menurut seorang ilmuwan Prancis Etienne Jules Marey, hal tersebut ternyata berkaitan erat dengan alat vestibular di telinga bagian dalam kucing yang bertindak sebagai 'kompas' keseimbangan. Dengan kata lain, hampir dapat dipastikan bahwa binatang mamalia ini selalu tahu ke arah mana ia akan mendarat.

Tidak hanya itu, tulang belakang kucing ternyata juga memainkan peranan penting. Hewan ini diklaim memiliki struktur kerangka yang unik yang terdiri tanpa tulang selangka. Tulang belakangnya pun luar biasa fleksibel karena memiliki sekitar 30 vertebra, sedangkan manusia hanya memiliki 24 vertebra. Tulang inilah yang memungkinkan kucing mengoreksi posisinya saat terjun bebas.

Jika dikaitkan dengan dengan Vans Challenge, mungkin saja desainer brand sepatu ini mengadopsi teknologi yang terinspirasi dari perilaku kucing di atas. Kita tunggu saja pernyataan resmi Steve Van Doren. Demikian dilansir Okezone dari berbagai sumber, Selasa (5/3/2019).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini