nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nikmat, Menyantap 5 Kuliner Ini saat Nyepi di Bali

Amanda Rahmadianti Syafira, Jurnalis · Kamis 07 Maret 2019 15:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 07 298 2027003 nikmat-menyantap-5-kuliner-ini-saat-nyepi-di-bali-IhogWagJAO.jpg entil kuliner bali (Foto:ig)

NYEPI merupakan hari keheningan dimana tidak ada suara, jalanan yang sepi, tidak ada cahaya, bahkan pesawat pun tidak beraktivitas. Anda harus tinggal di rumah, tidak boleh keluar dari gerbang rumah atau hotel dan Anda tidak dapat bekerja.

Nyepi juga merupakan Tahun Baru di Bali, yaitu setiap tahun sekitar pertengahan Maret yang merupakan hari pemurnian bagi umat Hindu Bali.

Baca Juga:


Dikabarkan Dekat dengan Luna Maya, Intip Penampilan Faisal Nasimuddin yang Kece Abis

Liburan di Bali saat Nyepi, Ini 5 Larangan Harus Ditaati

Sama dengan perayaan hari besar keagamaan yang lain, Nyepi juga mempunyai makanan yang wajib disajikan saat nyepi datang. Berikut 5 makanan yang wajib hadir saat perayaan Nyepi.

1. Entil

Saat Nyepi kita akan menemukan Entil. Entil ini mirip dengan makanan yang kita kenal yaitu Lontong. Tapi berbeda dengan Lontong yang dibungkus dengan daun pisang, Entil biasanya akan dibungkus dengan daun nyelep atau telengidi. Daun ini memiliki bentuk lebar dan panjang seperti daun kunyit.

 

2. Ketongkol

Apabila saat Idul Fitri kita mengenal makanan yang bernama Ketupat, saat Nyepi kita akan mengenal yang namanya Ketongkol. Jika ketupat dibungkus dengan daun kelapa, Ketongkol ini hampir mirip dengan Lontong yaitu dibungkus dengan daun pisang. Namun perbedaannya dengan Lontong, Ketongkol ini akan dibentuk kerucut tidak seperti Lontong yang berbentuk bulat dan panjang. Cara makan Ketongkol ini biasanya dicampur bersama lauk, sayur beserta sambal. Tapi beberapa orang juga suka menyantap Ketongkol langsung tanpa tambahan apapun karena rasanya sudah gurih.

 

3. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng merupakan makanan khas yang berasal dari Gianyar. Makanan ini diolah dengan campuran rempah-rempah beserta lada yang cukup kuat. Nasi Tepeng ini disajikan cukup lembek seperti bubur. Racikan bumbu rempah-rempah ala Bali akan disiram di atas Nasi Tepeng yang akan menjadi daya pikat utamanya. Biasanya orang Bali akan makan Nasi Tepeng dengan lauk kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong dan sayur. Nasi Tepeng disajikan menggunakan daun pisang.

4. Cerorot

Kue ini merupakan salah satu kue tradisional yang tidak boleh ketinggalan saat sedang merayakan hari Nyepi. Kue ini merupakan kue basah yang digemari oleh anak-anak bali karena rasanya yang sangat manis dan bentuknya yang juga unik. Cerorot ini juga dapat ditemukan bukan hanya di bali melainkan daerah lainnya terutama Jawa.

5. Jaje Pulung


Jaje Pulung atau biasa disebut juga Batun Bedil, biasanya dibuat saat sehari sebelum Nyepi. Pembuatannya sangat sederhana, dimana adonan ini dibuat dengan mencampur tepung beras dengan air dan garam lalu diuleni sampai adonan tersebut tidak lengket lagi. Adonan tersebut kemudian dibentuk bulat dan dikukus. Lalu dicelupkan dengan gula merah yang sudah dipanaskan sampai mencair. Kemudian dihidangkan dengan ditaburi kelapa parut diatasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini