nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Liburan di Bali saat Nyepi, Ini 5 Larangan Harus Ditaati

Harisah Chamil, Jurnalis · Kamis 07 Maret 2019 11:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 07 406 2026966 liburan-di-bali-saat-nyepi-ini-5-larangan-harus-ditaati-rSF08GP1ZJ.jpg Larangan saat Nyepi di Bali (Foto:okezone)

NYEPI adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka. Nyepi tahun ini jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX), yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera membawa intisari amerta air hidup. Secara etimologis asal kata ‘nyepi‘ berasal dari kata ‘sepi‘ yang merupakan kata sunyi, senyap, dan hening.

Berdasarkan dari kata tersebut, kegiatan Nyepi dengan ritual Penyepian ini menekankan pada prinsip keseimbangan. Yaitu, suatu proses mengembalikan atau dikembalikan alam beserta isinya ke dalam suatu keadaan titik atau masa, sepi (sunyi, hening, dan senyap).

Baca Juga:

Dikabarkan Dekat dengan Luna Maya, Intip Penampilan Faisal Nasimuddin yang Kece Abis

6 Daftar Turis Terburuk di Dunia, Nomor 1 Tidak Heran

Tetapi, bukan berarti semua itu tanpa isi, rasa dan makna, kenihilan pada tatanan sosial kemasyarakatan yang hidup dan bernilai suci serta merupakan suatu tingkatan tertinggi dari sebuah ukuran manusia yang taat kepada ajaran suci Hindu. 

Maka akan berbeda dari hari biasanya ketika Bali saat merayakan Nyepi, ada beberapa larangan terkait aktivitas yang tidak boleh dilakukan saat Nyepi berlangsung.

Dilarang foto selfie

Peraturan ini tidak hanya berlaku untuk umum tetapi petugas-petugas adat juga harus mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan untuk tidak melakukannya saat bertugas.

Ibadah agama lain

Bagi umat Islam yang biasa menjalankan shalat di masjid, Dihimbau untuk tidak mengeraskan suara adzan sampai keluar masjid dan warga diminta pergi ke masjid dengan berjalan kaki.

 

Tidak adanya jadwal penerbangan

Karena bandara akan ditutup selama satu hari. Jadi urungkan niat Anda untuk pergi ke Bali atau sebaliknya.

Tol ditutup

Selama hari raya nyepi Tol bali ditutup seharian, Tidak boleh ada aktifitas kendaraan yang boleh melaju.

 

Tidak boleh berpergian

Jangan keluar dari penginapan atau rumah saat Nyepi berlangsung. Jika nekat bisa diamankan oleh pecalang atau petugas keamanan adat yang berpatroli saat Nyepi.

 

Lampu-lampu harus dimatikan

Jika Anda berada di hotel petugas akan menyediakan senter.

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini