nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Fakta Unik Hari Raya Nyepi yang Mungkin Anda Lewatkan

Kamis 07 Maret 2019 12:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 07 406 2026974 9-fakta-unik-hari-raya-nyepi-yang-mungkin-anda-lewatkan-j6IDbQlL2P.jpg Nyepi. (Foto: Okezone)

NYEPI atau Tahun Baru Bali dipercaya memiliki tujuan untuk mengelabui setan-setan yang ada, dengan berpura-pura untuk “tidak ada kehidupan” selama seharian penuh di pulau Bali sehingga setan-setan itu dapat pergi.

Perayaan Nyepi sebagian besar terdiri dari dua bagian yaitu, peristiwa “Ogoh-Ogoh” dan hari Nyepi, dimana pada hari itu, semua orang akan tetap sunyi selama 24 jam. Biasanya, orang Bali akan melakukan meditasi. Tetapi ada fakta yang lebih menarik tentang hari yang tidak biasa ini. Inilah 9 fakta unik saat nyepi di Bali!

Baca Juga: Dikabarkan Dekat dengan Luna Maya, Intip Penampilan Faisal Nasimuddin yang Kece Abis

1. Satu juta liter bahan bakar dihemat selama hari raya Nyepi

Tentu saja, karena bepergian tidak diperbolehkan selama Nyepi, maka semua kendaraan akan terparkir rapi di dalam rumah. Sekolah dan semua kantor harus ditutup dan semua orang diharuskan tinggal di rumah selama 24 jam. Hal ini membuat tidak adanya aktifitas yang memerlukan bahan bakar sehingga menghemat bahan bakar tersebut hingga satu juta liter.

2. Catch 22

Sementara emisi CO2 berkurang secara drastis selama Nyepi, ada juga bagian ironis dari perayaan momentum ini karena sebagian besar Ogoh-ogoh tidak terbuat dari bahan yang dapat membantu mengurangi hal ini, dan sekitar 5.000 di antaranya diarak setiap tahun.

3. Membantu melestarikan budaya Bali yang indah dan ajaib

Kami terbiasa melihat anak-anak dengan gadget dan terkadang bertanya-tanya apakah mereka akan senang berlarian bermain dengan teman-teman mereka di luar. Di Bali, Anda masih akan melihat itu, terutama selama upacara budaya dan acara termasuk Nyepi. Dengan bantuan orang dewasa, Ogoh-Ogoh sebagian besar dibuat oleh anak-anak.

Baca Juga: Jokowi Beri Putri Denada Buah Naga Kuning, Harganya Fantastis!


4. Menginspirasi “World Silent Day”

Dirayakan pada 21 Maret di seluruh dunia, kampanye World Silent Day didasarkan pada tradisi Nyepi. Kenapa 21 Maret? Tanggal dipilih karena Nothern Equinox dan World Forestry Day, terkait dengan hari World Water pada 22 Maret, yang melambangkan kehidupan.

5. Didahului oleh ritual Melasti

Sekitar tiga hingga empat hari sebelum Nyepi, ritual ini dilakukan di dekat laut, untuk memurnikan benda suci dari kuil. Jika Anda berada di Bali selama minggu liburan ini, pastikan untuk pergi ke pantai dan menyaksikan ritual ini.

 

6. Tidak ada hotel yang buka saat Nyepi

Selain itu, tidak ada toko yang buka juga. Jika Anda berencana untuk tinggal di rumah, pastikan untuk menyimpan makanan di rumah. Beberapa hotel juga mengusulkan “paket Nyepi” dan Anda dapat check-in pada hari sebelum Nyepi.

7. Kota hantu

Selama Hari Raya Nyepi, pulau ini bebas dari lalu lintas, kebisingan, polusi, bahkan bandara Bali ditutup. Tidak ada penerbangan masuk atau keluar, dan hanya ambulans yang memerlukan izin untuk berada di jalan. Namun, polisi desa Bali akan mengenakan seragam mereka dan kemudian berjalan diam-diam di jalanan untuk memastikan disiplin ini diterapkan.

8. Malam berbintang

Pada malam Hari Nyepi, cobalah mencuri waktu untuk menatap bintang di halaman belakang rumah atau balkon jika Anda menginap di hotel. Langit malam berbintang di Bali pada malam yang gelap gulita sungguh indah.

9. Udara tersegar di Bali keesokan harinya

Setelah memberikan pulau istirahat yang layak, Anda akan bangun keesokan harinya dengan langit biru yang sangat cerah. Udara terasa jauh lebih bersih dan segar. Kicauan burung juga akan terdengar lebih keras daripada yang sebelumnya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini