nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ngopi 10 Gelas Sehari dalam 7 Tahun, 3 Tulang Rusuk Wanita Ini Patah

Amanda Rahmadianti Syafira, Jurnalis · Jum'at 08 Maret 2019 03:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 07 481 2027171 tulang-rusuk-patah-wanita-ini-minum-10-gelas-kopi-sehari-7ajlzI3ugg.png Patah tulang akibat minum kopi (Foto:Nextshark)

SEORANG wanita berusia 30 tahun dari China yang minum terlalu banyak kopi, ditemukan memiliki tulang yang mirip dengan orangĀ  berusia dua kali lipat darinya.

"Han Xiao," seorang pegawai salah satu kantor di Wuhan, Provinsi Hubei baru-baru ini terserang flu dan menderita batuk yang parah selama berminggu-minggu.

Suatu malam, Han mendapatkan serangan batuk yang cukup kuat dan berlangsung lebih dari 10 menit. Setelah batuk tersebut, dia mengalami nyeri dada yang tak tertahankan.

Pagi berikutnya, dia pergi ke Rumah Sakit Pusat Wuhan untuk berobat. Tapi kedatangannya ke rumah sakit tersebut untuk berobat berganti menjadi sesuatu yang mengejutkan dirinya dengan apa yang dia temukan.

Seperti dilansir NextShark, Jumat (08/3/2019), setelah melakukan rontgen, dokter yang menangani Han menemukan bahwa penyebab nyeri dada yang dia alami adalah patah tulang rusuk ketiga, keempat dan kelima yang disebabkan oleh batuknya yang cukup hebat.

Setelah penelusuran lebih lanjut, Han mengungkapkan bahwa dia telah minum kopi seperti dia minum air putih, menenggak lebih dari 10 cangkir sehari selama lebih dari tujuh tahun.

Baca Juga:

Dikabarkan Dekat dengan Luna Maya, Intip Penampilan Faisal Nasimuddin yang Kece Abis

6 Daftar Turis Terburuk di Dunia, Nomor 1 Tidak Heran

Han juga menjalani tes kepadatan tulang, yang mengungkapkan bahwa tulangnya mirip dengan pria berusia 60 tahun, demikian yang dilaporkan Wuhan Evening News.

Lebih buruk lagi, bahwa dia sedang dalam perjalanan menuju osteoporosis.

Dr. Chen Baojun, Direktur Rumah Sakit Spesialis Bedah, menunjukkan tren osteoporosis yang sedang berkembang di kalangan kaum muda.

Dia mengungkapkan kurangnya olahraga, merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan, minuman berkarbonasi dan kopi sebagai kebiasaan yang mempercepat usia tulang.

Pada 2015, European Food Safety Authority (EFSA) membuat penilaian risiko kafein dan menentukan standar konsumsi kopi yang aman dari populasi yang berbeda-beda. Selain itu, ini adalah standar yang disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia, menurut CCTV News:

1. Mengkonsumsi 200 mg atau kurang dari 400 mg sehari tidak akan menimbulkan masalah.

2. Wanita yang sedang hamil tidak boleh melebihi konsumsi 200 mg per hari.

3. Sementara kafein sangat berisiko bagi anak-anak dan remaja, masih ada kekurangan data untuk menentukan asupan yang aman.

4. Secara umum, mengkonsumsi tidak boleh melebihi 3 mg per kilogram berat badan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini