nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diganti Robot 10 Pekerjaan Diprediksi akan Hilang, Profesi Anda Termasuk?

Wisnu Kurniawan , Jurnalis · Kamis 07 Maret 2019 14:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 07 612 2026990 diganti-robot-10-pekerjaan-diprediksi-akan-hilang-profesi-anda-termasuk-o2XcJhHwj7.jpg 10 pekerjaan diprediksi akan hilang (Foto:Wonderlist)

BEKERJA adalah satu cara bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun perkembangan teknologi yang semakin maju bisa  mendominasi berbagai pekerjaan.

Kemajuan yang sangat pesat tersebut membuat sumber daya manusia tidak terlalu dibutuhkan lagi. Semua akan digantikan dengan teknologi atau robot yang secara otomatis dapat menggantikan tugas manusia.

Baca Juga:

6 Daftar Turis Terburuk di Dunia, Nomor 1 Tidak Heran

Dikabarkan Dekat dengan Luna Maya, Intip Penampilan Faisal Nasimuddin yang Kece Abis

Berikut ini 10 pekerjaan yang akan hilang dari pasar tenaga kerja, seperti dilansir dari Wonderlist, Kamis (7/3/2019).

1. Supir Taksi

Anda pasti pernah mendengar perkelahian antara supir taksi dengan supir transportasi online. Saat ini, banyak orang lebih memilih menggunakan aplikasi transpotasi online. Memudahkan penumpang untuk memesan taksi secara online yang jauh lebih nyaman, karena menggunakan mobil pribadi miliknya. Anda harus berpikir terlebih dahulu jika ingin menjadi supir taxi.

2. Pustakawan

Perpustakaan adalah tempat yang tidak asing bagi para pecinta buku. Kejadian yang romantis juga tercipta di perpustakaan. Mereka adalah pustakawan yang sepanjang waktunya merawat dan membaca buku. Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi penurunan minat pembaca buku. Semakin banyaknya perangkat elektronik, kebiasaan membaca menjadi hilang. Karena penyebaran informasi sangat cepat di internet. Perubahan yang cepat ini, membuat para pustakawan sangat sedikit.

3. Kasir

Pesatnya perkembangan teknologi akan memaksa perusaahan untuk mengganti kasir dengan kasir otomatis. Pelanggan hanya perlu membaca barcode yang terpasang pada mesin kasir otomatis, dan kemudian membayar tagiihan dengan cara yang mudah. Perubahan ini akan mempercepat pembayaran, hanya dengan aplikasi di smartphone, dapat melakukan pembayaran. Hal inilah yang membuat peminat menjadi kasit menurun.

4. Karyawan bank

Tugas karyawan bank adalah menstranfer dan memasukkan uang ke rekening. Dengan perkembangan teknologi, sangat mudah untuk melakukan tugas ini. Banyak bank juga menawarkan layanan melalui aplikasi di samrtphone, bisa untuk mengecek saldo dan menstransfer uang.

 

5. Penjual Koran

Kapan terakhir kali Anda membeli Koran? Pasti Anda lebih menjelajahi berita melalui jejaring sosial atau aplikasi berita di smartphone Anda. Media cetak seperti, majalah, koran, bisa berlangganan secara online, tanpa harus pergi setiap hari untuk membelinya. Inilah yang membuat penjual sangat sepi.

 

6. Asisten Pribadi

Kehadiran seseorang untuk mengatur janji, berkas, telah menjadi kebutuhan bagi para pemimpin perusaahan. Tetapi dengan banyaknya aplikasi smartphone yang mampu melakukan tugas yang sama, tidak ada lagi kebutuhan untuk kehadiran asisten pribadi di pasar tenaga kerja, kecuali dalam hal yang penting. Melalui internet. Dalam hal ini gaji asisten prribadi lebih kecil, dibandingkan dengan para pekerja internet.

7. Tukang pos

Di negara-negara yang menggunakan sistem surat secara efektif, misalnya Amerika Serikat dan Kanada, petugas pos tidak lagi diperlukan. Selain itu perusahaan seperti Amazon, yang menggantikan tukang pos dengan pesawat tanpa awak, dapat mengirimkan produk dari gudang penyimpanan ke penerima secara langsung.

 

8. Staff pelayanan

Melalui telepon, ketika Anda menghubungi perusahaan untuk menanyakan layanan tertentu, Staff pelayanan akan menjawab Anda. Respons yang cerdas mampu memahami pelanggan dan berinteraksi dengan mereka. Jenis layanan ini akan memberikan perusahaan telekomunikasi dengan jutaan perusahaan lainnya, melalui telepon staff pelayanan.

9. Karyawan Pariwisata

Dengan internet atau aplikasi, Anda tidak perlu lagi untuk datang ke perusahaan pariwisata untuk membeli tiket pesawat, hotel, dan transportasi. Saat ini, semuanya bisa dilakukan secara online. Banyak Website dan aplikasi terpercaya yang membantu Anda membeli berbagai hal, termasuk tiket, hotel dan menyewa transportasi. Karyawan Pariwisata tidak diperlukan lagi di masa depan.

 

10. Pilot pesawat tempur

Hilangnya pesawat tempur banyak merugikan negara. Dan yang paling penting dapat menghilangkan nyawa. Menurut majalah Amerika “The Economist”, pesawat yang dioperasikan dari jarak jauh, dapat memiliki fungsi yang sama dengan tingkat efektivitas pesawat tempur. Remote Control jarak jauh sudah banyak diciptakan, dan lebih efektif untuk mengurangi hilangnya nyawa pilot pesawat temput.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini