nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menilik Peran Generasi Milenial di Era Jokowi

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 07 Maret 2019 15:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 07 612 2027018 menilik-peran-generasi-milenial-di-era-jokowi-CBp0LF8eFn.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DI masa pemerintahan Presiden Jokowi, anggapan bahwa birokrasi dijalankan oleh aparatur negara berusia lanjut yang kurang mengerti perkembangan zaman kekinian harus dibuang jauh-jauh.

Era Jokowi memberi kesempatan luas bagi generasi muda, termasuk dari kelompok usia milenial, untuk berperan serta aktif menjalankan roda pemerintahan, bahkan di lingkaran dalam terdekatnya.

Kantor Staf Presiden (KSP) menghadirkan tiga orang tenaga ahli dari kalangan milenial yakni Agung Hikmat, Syska Hutagalung dan Deswitha Arvinci Stiefi.

“Saya kepo banget dengan apa yang dikerjakan KSP, terutama setelah membaca novel ‘Sophismata’ karya Alanda Kariza yang menyebut Kantor Staf Presiden berisi banyak anak muda smart dan tidak didominasi orang-orang tua sebagaimana persepsi kita tentang kantor-kantor pemerintah,” kata Tri Mahyuni, mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat.

Baca Juga: Jokowi Beri Putri Denada Buah Naga Kuning, Harganya Fantastis!

Tenaga ahli Kantor Staf Presiden Agung Hikmat mengungkapkan, saat ini merupakan era anak muda ‘menguasai’ berbagai sektor di Indonesia. Lihat saja film-film keren yang banyak disukai penonton dan memenangkan berbagai penghargaan. "Semuanya karya anak muda. Juga di bidang lain, terutama fintech dan industri rintisan digital atau start-up,” jelas dia.

Menurutnya, anak muda Indonesia sudah dipercaya menjadi pemegang keputusan dan menggerakkan roda pemerintahan. Sempat bekerja di perusahaan telekomunikasi dan menjadi konsultan bisnis, Agung mengaku awalnya skeptis apakah bisa memberikan kontribusi maksimal saat banting setir ke dunia birokrasi.

“Tapi ternyata anak muda banyak didengar. Ada upaya serius birokrasi dalam mengubah dirinya. Di era pemerintahan Jokowi, anak muda mendapat mandat sebagai pejabat pembuatan keputusan,” kisahnya.

Sementara President Young on Top Banjarmasin Arief Bimantara mengatakan generasi milenial tak bisa dianggap remeh. Mereka bergerak dengan segala kesibukan, kreativitas dan produktivasnya.

Baca Juga: Dikabarkan Dekat dengan Luna Maya, Intip Penampilan Faisal Nasimuddin yang Kece Abis

Menurutnya, menjadi entrepreneur, masuk korporasi atau terlibat di birokrasi sekalipun, milenial kita menunjukkan kapasitas dan kualitas yang membanggakan. Dia pun memberi tips tiga hal untuk pengembangan diri.

“Banyaklah membaca, bergaul dengan orang-orang positif, dan sering-seringlah melakukan ‘solo traveling’ sehingga kita menyadari potensi diri dan terbiasa mengambil keputusan,” pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini