nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Fakta Menarik Seputar Ogoh-Ogoh, Sudah Tahu Belum?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 07 Maret 2019 20:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 07 612 2027150 4-fakta-menarik-seputar-ogoh-ogoh-sudah-tahu-belum-pxRepG9xCS.jpg Ogoh-Ogoh. (Foto: Okezone)

SELURUH umat Hindu tengah merayakan Hari Raya Nyepi yang jatuh Hari ini. Perayaan Nyepi atau pergantian Tahun Saka ini dilangsungkan selama 24 jam penuh.

Tentunya banyak ritual dan tradisi-tradisi unik yang dilakukan para masyarakat untuk merayakan hari besar ini. Salah satunya adalah tradisi pawai Ogoh-ogoh atau biasa disebut dengan Ngerupuk.

Setiap masyarakat akan membuat patung-patung, yang akan diarak mengelilingi jalan. Tentunya banyak fakta menarik tersembunyi di balik tradisi mengarak Ogoh-ogoh yang telah lama dilakukan masyarakat Hindu.

Baca Juga: Jokowi Beri Putri Denada Buah Naga Kuning, Harganya Fantastis!


Merangkum dari berbagai sumber, Okezone akan membahasnya satu per satu, yuk disimak!

1.Arti nama Ogoh-ogoh

Dalam bahasa Bali, Ogoh-ogoh berasal dari kata Ogah-ogah yang memiliki arti digoyang-goyangkan. Ogoh-ogoh menggambarkan sosok Bhuta Kala yang besar, jahat dan menakutkan, biasanya berbentuk gajah atau naga.

2.Ogoh-ogoh diarak dan dibakar

Ogoh-ogoh ini digambarkan memiliki energi negatif dari sosok Bhuta Kala. Alhasil setelah diarak berkeliling oleh banyak orang, Ogoh-ogoh ini dibakar untuk menghilangkan gambaran sifat buruk manusia. Diharapkan dengan pembakaran Ogoh-ogoh ini, manusia bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa depan.

3.Ogoh-ogoh memiliki makna mistis di dalamnya

Sebagaimana diketahui Ogoh-ogoh dibuat masyarakat beramai-ramai. Ogoh-ogoh ini sengaja diarak mengelilingi kampung atau jalanan yang bisa disaksikan banyak orang. Mereka percaya roh-roh jahat akan masuk ke dalam Ogoh-ogoh, sebelum dimusnahkan dengan api.

Baca Juga: Dikabarkan Dekat dengan Luna Maya, Intip Penampilan Faisal Nasimuddin yang Kece Abis  

4.Ogoh-ogoh sengaja dibuat menyeramkan

Sebagian besar Ogoh-ogoh memang dibuat menyeramkan. Mengapa? Karena Ogoh-ogoh merupakan cerminan dari sifat buruk manusia.

Ogoh-ogoh digambarkan memiliki sikap sombong dengki dan iri hati layaknya manusia. Oleh sebab itu maka dibuatlah dengan bentuk menyeramkan dan wajah buruk rupa.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini