Share

4 Fakta Menarik Seputar Ogoh-Ogoh, Sudah Tahu Belum?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Kamis 07 Maret 2019 20:47 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 07 612 2027150 4-fakta-menarik-seputar-ogoh-ogoh-sudah-tahu-belum-pxRepG9xCS.jpg Ogoh-Ogoh. (Foto: Okezone)

SELURUH umat Hindu tengah merayakan Hari Raya Nyepi yang jatuh Hari ini. Perayaan Nyepi atau pergantian Tahun Saka ini dilangsungkan selama 24 jam penuh.

Tentunya banyak ritual dan tradisi-tradisi unik yang dilakukan para masyarakat untuk merayakan hari besar ini. Salah satunya adalah tradisi pawai Ogoh-ogoh atau biasa disebut dengan Ngerupuk.

Setiap masyarakat akan membuat patung-patung, yang akan diarak mengelilingi jalan. Tentunya banyak fakta menarik tersembunyi di balik tradisi mengarak Ogoh-ogoh yang telah lama dilakukan masyarakat Hindu.

Baca Juga: Jokowi Beri Putri Denada Buah Naga Kuning, Harganya Fantastis!


Merangkum dari berbagai sumber, Okezone akan membahasnya satu per satu, yuk disimak!

1.Arti nama Ogoh-ogoh

Dalam bahasa Bali, Ogoh-ogoh berasal dari kata Ogah-ogah yang memiliki arti digoyang-goyangkan. Ogoh-ogoh menggambarkan sosok Bhuta Kala yang besar, jahat dan menakutkan, biasanya berbentuk gajah atau naga.

2.Ogoh-ogoh diarak dan dibakar

Ogoh-ogoh ini digambarkan memiliki energi negatif dari sosok Bhuta Kala. Alhasil setelah diarak berkeliling oleh banyak orang, Ogoh-ogoh ini dibakar untuk menghilangkan gambaran sifat buruk manusia. Diharapkan dengan pembakaran Ogoh-ogoh ini, manusia bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa depan.

3.Ogoh-ogoh memiliki makna mistis di dalamnya

Sebagaimana diketahui Ogoh-ogoh dibuat masyarakat beramai-ramai. Ogoh-ogoh ini sengaja diarak mengelilingi kampung atau jalanan yang bisa disaksikan banyak orang. Mereka percaya roh-roh jahat akan masuk ke dalam Ogoh-ogoh, sebelum dimusnahkan dengan api.

Baca Juga: Dikabarkan Dekat dengan Luna Maya, Intip Penampilan Faisal Nasimuddin yang Kece Abis  

4.Ogoh-ogoh sengaja dibuat menyeramkan

Sebagian besar Ogoh-ogoh memang dibuat menyeramkan. Mengapa? Karena Ogoh-ogoh merupakan cerminan dari sifat buruk manusia.

Ogoh-ogoh digambarkan memiliki sikap sombong dengki dan iri hati layaknya manusia. Oleh sebab itu maka dibuatlah dengan bentuk menyeramkan dan wajah buruk rupa.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini