nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Koki Asal Gorontalo, Berani Celupkan Tangan ke Minyak Panas!

Dito Bagus Wibowo, Jurnalis · Sabtu 09 Maret 2019 18:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 08 298 2027623 heboh-koki-asal-gorontalo-berani-celupkan-tangan-ke-minyak-panas-VkJ7At3Nvv.jpg Masak Ekstrem dengan minyak panas (Foto: Youtube)

HARTIN Maliki 58 tahun atau yang kerap disapa Ta Nou, Seorang perempuan penjual pisang goreng asal Gorontalo yang tersohor karena kerap menggoreng pisang dengan menggunakan tangan kosong di dalam minyak panas. Hal ini dia lakukan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya dan untuk biaya sekolah anaknya.

Ta nou bercerita, awalnya dia mendapatkan "bisikan" saat menggoreng pisang 11 tahun lalu yang memintanya mencelupkan tangan ke dalam minyak panas. Lalu dengan kepercayaan dan ucapan bismillahirahmanirrahim, dia mencelupkan tangan kanannya dalam minyak goreng panas untuk membalik-balik pisang agar matang merata dan itu bisa dilakukannya berulang kali.

 BACA JUGA : 4 Brand Sneakers Paling Laris, Bikin Penampilan Pria Makin Keren!

“Rasanya hanya hangat saja, tidak panas. Orang-orang yang mengantri pisang semuanya melotot melihat kehebohan saya menggoreng pisang pakai tangan,” ungkap Ta Nou.

Warga yang membeli pisang goreng buatan Ta Nou makin banyak dari hari biasanya, apalagi saat bulan Ramadhan tiba. Mereka bahkan rela berdiri lama-lama sambil melihat aksi Ta Nou mencelupkan tangannya ke dalam penggorengan berisi minyak yang panas.

 

Biasanya, setelah shalat tarawih, warga berdatangan mencari pisang goreng buatannya. Pisang raja atau sepatu yang mengkal dibelah membentuk kipas lalu dilumuri tepung terigu dan digoreng hingga matang.

Hal yang satu ini hanya berlangsung secara singkat. Sebab, uap tersebut akan cepat menghilang setelah bersentuhan dengan minyak atau cairan panas. Sehingga bisa disimpulkan jika ada seseorang yang melakukan aksi tersebut, cara melakukannya dengan gerakan cepat. Alhasil, tangan mereka tak terluka karena menyentuh minyak yang sudah meletup-letup tersebut.

 

Oleh karena itu, fenomena ini sebaiknya jangan dilakukan sendiri di rumah. Jika kalian ingin mencobanya, harus ada ahli kimia atau orang yang berpengalaman untuk mendampingi kalian. Memang kelihatannya cukup mudah untuk menerapkannya. Namun hal ini sungguh berbahaya ketika dilakukan oleh orang yang tidak paham akan teori dari reaksi kimia tersebut. Demikian, Okezone telah merangkum hal ini dari beberapa sumber.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini