Mengenal Samaira Mehta, Gadis Cilik yang Diincar Google

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 10 Maret 2019 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 08 612 2027593 mengenal-samaira-mehta-gadis-cilik-yang-diincar-google-OffoU5mCrK.jpg Samaira Metha diincar Google (Foto:Businessinsider)

RASANYA sangat menyenangkan mendengar celotehan polos anak-anak ketika menceritakan cita-cita mereka saat sudah besar kelak. Ada yang berangan-angan ingin menjadi dokter, pilot, guru, bahkan menjadi presiden.

Namun, seiring berkembangnya zaman, kini mulai banyak bermunculan profesi-profesi baru yang menarik perhatian mereka. Ini tidak terlepas dari pesatnya perkembangan teknologi yang kian tak terbendung.

Kata-kata “aku ingin menjadi YouTuber” atau “aku ingin menjadi selebgram” pun kian santer terdengar. Pergesaran pola pikir seperti ini sebetulnya juga sempat menarik perhatian masyarakat Indonesia. Siapa yang pernah menyangka bahwa platform media sosial tersebut bisa dijadikan tambang ‘uang’?

Tapi jika bercermin dari kondisi beberapa tahun terakhir, memang sudah seharusnya kita menyiapkan diri dari semua hal yang serba digital. Jadi jangan heran, bila anak-anak Anda di rumah memiliki preferensi baru tentang impian atau cita-cita yang ingin mereka raih, seperti kisah seorang gadis cilik, Samaira Mehta, yang jadi incaran perusahaan teknologi raksasa dunia, Google.

Mehta at Google.

Tumbuh besar di Silicon Valley, gadis berusia 10 tahun ini sukses menjadi coder to warch atau juga dikenal dengan istilah programmer. Ia memulai karir di bidang IT (Information Techonology) ketika berhasil membuat sebuah permainan papan (board game) bernama CoderBunnyz. Permainan ini dirancang saat usianya masih berusia 8 tahun dan digunakan untuk mengajari anak-anak cara membuat dan membaca kode komputer.

Tidak ada yang menyangka bahwa CoderBunnyz ciptaan Samaira berhasil memenangkan hadiah utama senilai Rp35 juta, dalam acara Think Thank Learning's Pitchfest 2016. Ia juga telah beberapa kali tampil di banyak siaran berita dan menjual permainannya di situs Amazon.

“Kami telah menjual 1.000 kotak, jadi lebih dari Rp501 juta dan itu baru ada dipasarkan selama satu tahun,” ujar Samaira.

Prestasi yang ia torehkan itu juga menarik perhatian beberapa perusahaan ternama seperti Cartoon Network dan Google. Dilansir Okezone dari Business Insider, Minggu (10/3/2019), Google sempat mengundang Samaira untuk menjadi pembicara utama di sebuah acara lokal, sekaligus menawarkan peluang kerja di perusahaan mereka ketika ia sudah beranjak dewasa.

Saat menjadi pembicara dalam seminar yang diadakan di kantor pusat Google, di Moutain View, California, Samaira akhirnya bertemu dengan Stacy Sulliva yang merupakan Chief Culture Officer Google.

"Setelah menjalani lebih dari 60 workshop di kantor pusat Google, saya dan Sullivan berbicara selama satu jam. Dia memberi tahu bahwa setelah saya keluar dari perguruan tinggi, saya bisa bekerja untuk Gogole," kata Samaira.

Uniknya, Samaira membalas tawaran kerja tersebut dengan sebuah pernyataan yang sangat mencengangkan.

"Saya mengatakan kepada Sullivan bahwa saya lebih suka menjadi pengusaha. Tapi tidak menutup kemungkinan saya bekerja di tempat ini," ungkapnya.

Mehta.

Sementara itu, Sullivan dan orang-orang di Google masih sangat terkesan dengan talenta yang dimiliki oleh Samaira. Mereka sepakat untuk menjadikan gadis jenius ini sebagai pembicara utama pada konferensi Diversity in Tech yang telah dilangsungkan pada Agustus 2018.

Tidak hanya Google, Samaira pun sempat ditunjuk untuk mengisi seminar yang diadakan oleh Microsoft, dan menjadi pembicara di Girls' Festival yang disponsori oleh World Wide Women.

Namun, salah satu momen paling membanggakannya adalah menerima surat dari mantan ibu negara Amerika Serikat, Michelle Obama. Samaira juga telah bertemu Mark Zuckerberg pada saat Halloween di dekat kediamannya. Mereka berbicara banyak hal, terutama tentang coding.

"Saya akhirnya bertemu dengannya, dia membagikan cokelat. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya adalah coder muda dan dia memberi tahu saya untuk terus melanjutkan impian saya," tutup Samaira.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini