nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sungguh Luar Biasa, Bocah Buta Ini Mampu Melihat Segalanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 09 Maret 2019 15:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 09 196 2027822 sungguh-luar-biasa-bocah-buta-ini-mampu-melihat-segalanya-G5BNRI4oV4.jpg Bocah Tunanetra (Foto: Ist)

SETIAP manusia telah dianugerahi panca indera oleh Tuhan sejak mereka dilahirkan. Kelima indera tersebut saling membantu satu sama lain untuk memudahkan kegiatan manusia sehari-hari.

Namun, sebagian orang mengalami nasib kurang beruntung dengan mengalami kecacatan atau penyakit yang membuat dirinya kehilangan salah satu atau lebih dari kelima inderanya tersebut.

Salah satu hal yang paling sering kita jumpai adalah orang yang mengalami kebutaan. Tentunya saja, mereka menjadi tidak bisa menglihat dan kesulitan dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Alhasil banyak dari mereka yang melakukan tugasnya dengan bantuan orang lain yang ada di sekitarnya.

Tapi hal tersebut berbeda dengan kisah yang dialami seorang remaja laki-laki bernama Ben Underwood. Ia kehilangan penglihatannya secara tragis ketika dirinya masih berusia tiga tahun. Ia mengalami kanker retina yang membuat keindahan hidup masa kecilnya menjadi sirna.

Baca juga :

Meskipun demikian, terlepas dari kecacatan yang dimilikinya, Ben mampu melakukan berbagai hal yang tak terduga. Ia mampu menembakkan bola ke ring basket, meluncur di atas skateboard dan dapat menenun dibawah tiang lampu.

Yang lebih unik lagi, Ben bisa memarkirkan mobil tanpa bantuan siapa pun. Tentunya kelebihan yang dimiliki Ben ini berbeda dengan kebanyak orang buta pada umumnya. Jadi sangat wajar jika banyak orang yang mengatakan bahwa Ben adalah seorang remaja yang mampu melihat tanpa mata.

Tentunya banyak yang penasaran bagaimana Ben bisa melihat tanpa memiliki mata. Jawabannya adalah suara. Kabarnya Ben membangun suara dengan teknik tertentu. Suara tersebutlah yang digunakan Ben untuk membantunya melihat.

Ben mengambil cara melihat layaknya kelelawar dan lumba-lumba dan mencocokan suara tersebut untuk membantunya melihat. Proses pendeteksian menggunakan suara ini disebut dengan echolocation.

Tak aneh, talenta yang dimiliki Ben ini akhirnya menarik perhatian seorang ilmuwan dari University of California, Santa Barbara untuk melakukan tes terhadap kemampuan luar biasa yang dimilikinya.

 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini