nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkat Miss Indonesia, Maria Harfanti Akui Jadi Lebih Dewasa dan Peduli Isu Sosial

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 09 Maret 2019 21:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 09 196 2027880 berkat-miss-indonesia-maria-harfanti-akui-jadi-lebih-dewasa-dan-peduli-isu-sosial-aJkUvioKJ3.jpeg Maria Harfanti (Foto: Dimas/Okezone)

Sejak terpilih menjadi Miss Indonesia dan berhasil meraih prestasi gemilang dalam ajang bergengsi Miss World 2015 (2nd runner up), Maria Harfanti mengaku mengalami banyak perubahan di dalam dirinya.

“Jadi Miss Indonesia itu memberikan saya pelajaran dan pengalaman yang sangat berharga. Saya banyak belajar tentang berbagai hal yang secara tidak langsung mengubah pola pikir dan sikap saya menjadi lebih dewasa. Menjadi Miss Indonesia juga membuat saya ingin mengeksplorasi lebih banyak lagi,” tutur Maria Harfanti saat ditemui Okezone di bilangan Jakarta Selatan, Sabtu (9/3/2019).

Dalam hal ini, eksplorasi yang dimaksud dara cantik asal Yogyakarta itu adalah kesempatan untuk mengembangkan diri. Bagi Maria, ia percaya bahwa semua orang sebetulnya memiliki banyak ketertarikan dalam berbagai hal yang kemudian menjelma menjadi sebuah komitmen yang kini kita kenal dengan istilah “passion”.

mahar

Selain aktif dalam menggalakkan kegiatan sosial, Maria Harfanti juga sudah lama diketahui menekuni bidang musik, khususnya musik klasik. Oleh karena itu, ia selalu mendorong perempuan Indonesia untuk selalu mengeksplor potensi diri sebanyak-banyaknya.

“Kita harus mengeksplor potensi diri. Setelah menemukan passion yang tepat, tekuni dan jalanilah sepebuh hati. Sebanyak apapun passion yang kita miliki, kita harus menyelesaikan apa yang sudah dimulai. Dengan demikian, kita bisa mewujudkan mimpi dan bermanfaat untuk orang lain. Itu yang menjadi prinsip saya selama ini,” beber Maria.

Selain itu, Maria juga berharap agar semakin banyak perempuan yang tertarik untuk terjun dalam kegiatan-kegiatan sosial. Misalnya menjadi relawan atau dalam bentuk lainnya.

Tujuannya adalah untuk menunjukkan kepedulian kita terhadap isu-isu yang berkembang saat ini. Tetapi lakukanlah sesuai dengan minat masing-masing.

“Karena ketertarikan saya dibidang pendidikan. Saat ini saya sedang fokus membantu menyamaratakan pendidikan di seluruh daerah melalui Yayasan Bangun Sekolah Indonesia yang saya dirikan, pada 2016 lalu,” papar Maria.

“Pendidikan di indonesia itu belum merata. Ketidakmerataan ini bisa dilihat dari beberapa aspek seperti aksesbilitas, infrastruktur, dan juga pengetahuan. Sangat berbeda rasanya jika membandingkan tiga aspek tersebut dengan sekolah-sekolah yang berada di kota dan desa,” tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini