nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alergi Tak Bisa Disembuhkan, Ini Tips Mencegahnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 09 Maret 2019 19:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 09 481 2027885 alergi-tak-bisa-disembuhkan-ini-tips-mencegahnya-x2k52ePGCs.jpg Alergi tak bisa disembuhkan tapi dicegah (Foto: Boldsky)

Sebagian besar manusia pasti pernah mengalami alergi selama hidupnya. Alergi adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh bereaksi secara tidak normal terhadap zat asing.

Tentunya alergi bisa diketahui dengan berbagai macam gejala seperti gatal-gatal, bersin-bersin, demam atau lain sebagainya. Tentunya hal ini sangat meresahkan apabila terjadi pada anak kecil.

Mereka akan sulit menjelaskan apa yang dirasakan dalam tubuhnya. Alhasil orangtua harus berperan aktif supaya dengan mengetahui hal apakah yang membuat sang anak mengalami alergi.

Membahas masalah alergi, dr. Reisa Broto Asmoro, menjelaskan bahwa alergi terdiri dari beberapa macam. Ada alergi yang bisa hilang seiring bertambahnya usia. Namun, ada pula alergi yang sifatnya permanen.

talkshow

“Alergi terbagi menjadi beberapa macam. Ada yang hilang di bawah lima tahun namun ada juga yang permanen seumur hidup. Belum tentu bisa kita pastikan sebuah alergi dapat bertahan atau tidak,” tutur dr. Reisa, saat ditemui Okezone dalam acara Talkshow Parenting, di Central Park, Sabtu (9/3/2019).

Dokter Reisa juga mengatakan bahwa alergi dalam tubuh manusia tidak dapat disembuhkan. Alhasil cara satu-satunya untuk terbebas dari alergi adalah dengan cara menghindarinya.

“Tidak ada cara untuk menghilangkan alergi, apalagi jika alergi tersebut adalah bawaan genetik. Yang bisa kita lakukan hanyalah mengurangi paparannya,” lanjutnya.

Ia mengatakan apabila seseorang mengalami alergi terhadap debu, maka solusinya bisa dengan menghindari paparan debu. Tujuannya supaya alergi tersebut tidak kambuh.

Selain itu dr. Reisa juga mengatakan bahwa seiring bertambahnya usia sang anak, maka kekebalan tubuhnya pun akan semakin meningkat. Hal ini memungkinkan sang anak lebih tahan terhadap alergi yang dimilikinya.

Lebih lanjut, ia pun mengatakan beberapa penelitian membuktikan rajin berenang bisa membantu seseorang untuk meningkatkan resistensi terhadap alergi. Namun, cara ini hanya berlaku untuk alergi yang menyangkut paru-paru.

“Ada penelitian yang membuktikan bahwa dengan rajin berolahraga terutama berenang, maka bisa meningkatkan daya tahan terhadap alergi. Namun cara ini hanya bisa berlaku pada anak yang menderita alergi pada paru-paru seperti debu, bersin-bersin, dll,” tuntasnya

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini