nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Demam, Kapan Waktu yang Tepat Membawanya ke Rumah Sakit?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 10 Maret 2019 04:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 09 481 2027901 anak-demam-kapan-waktu-yang-tepat-membawanya-ke-rumah-sakit-YmUmMHPXwZ.jpg Anak sakit demam (Foto: Momjunction)

Musim pancaroba merupakan waktu dimana daya tahan tubuh seseorang dengan cepat menurun. Alhasil orang mudah sekali sakit karena pergantian cuaca yang tidak menentu.

Batuk, pilek, sakit kepala maupun demam, merupakan penyakit langganan yang dapat dengan mudah ditemui pada musim pancaroba.

Bagi orang dewasa, mungkin penyakit ini tidak terlalu mengganggu, namun bagi bayi, penyakit ini cukup serius. Anda tentunya harus memberikan perawatan ekstra supaya sang anak tidak terserang penyakit ini.

Jika sang buah hati terserang penyakit, biasanya orangtua langsung panik dan segera membawanya ke dokter. Namun, hal tersebut tidak selamanya harus dilakukan.

Anda masih bisa melakukan pengobatan sendiri selama penyakit tersebut belum begitu mengganggu. Hal ini dibenarkan oleh dr. Reisa Broto Asmoro dalam Talkshow Parenting yang diadakan di Central Park, Sabtu 9 Maret 2019.

talkshow

Meski demikian, tidak semua penyakit bisa ditangani sendiri tanpa bantuan medis. Sebagai contoh demam. Deman bukanlah penyakit melainkan sebuah gejala yang ditimbulkan oleh tubuh.

“Yang namanya demam itu bukan penyakit, tapi itu salah satu gejala. Demam adalah gejala infeksi yang menimbulkan keluarnya panas tubuh dari ujung kepala hingga kaki. Dengan adanya demam itu sebenarnya salah satu tanda tubuh lagi melawan penyakitnya," ujar dr. Reisa.

Dokter Reisa mengambil contoh kasus deman. Menurutnya jika demamnya dirasa cukup tinggi, maka orangtua disarankan untuk memberi obat penurun panas sebagai pertolongan pertamanya.

"Kalau merasa demamnya terlalu tinggi dan sudah menggangu si anak hingga tidak bisa aktifitas normal, biasanya memang disarankan dulu untuk minum obat pereda panas untuk menurunkan demam. Cek suhu tubuhnya, kalau suhunya 38-39 derajat celcius sudah harus diminum obatnya," tambahnya.

Namun, apabila selama tiga hari sang anak tak kunjung mengalami perubahan, maka ada baiknya diperiksakan ke dokter. Biasanya dokter akan mengecek kondisi kesehatan sang anak untuk mencari penyebabnya.

“Sebenarnya tiga hari masih gitu aja baru dibawa ke dokter, tapi itu kalau suhu nya gak nambah. Kalau suhunya naik dan anak makin gak nyaman, memang seharusnya sudah dibawa ke dokter untuk cek lab segala macem," tutupnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini