nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gumpalan Rambut 1,5 Kg Ada di Dalam Perut Bocah Ini, Penyebabnya Sepele!

Amanda Rahmadianti Syafira, Jurnalis · Sabtu 09 Maret 2019 23:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 09 481 2027912 gumpalan-rambut-1-5-kg-ada-di-dalam-perut-bocah-ini-penyebabnya-sepele-JCCLQEtG1V.jpg Kebiasaan buruk bocah suka menelan rambut (Foto: Worldofbuzz)

KEBIASAAN saat kita masih kecil dalam kehidupan kita sehari-hari memang berdampak pada kesehatan dan gaya hidup kita.

Mengunyah kuku atau memakan rambut saat Anda stres bisa berbahaya dalam jangka panjang dan kebiasaan ini harus dihentikan demi kesehatan Anda.

Seorang anak perempuan berusia 8 tahun pulih setelah dokter mengeluarkan bola rambut 1,5 kilogram dari perutnya.

 BACA JUGA : Heboh Koki Asal Gorontalo, Berani Celupkan Tangan ke Minyak Panas!

Seperti yang dilansir IBTimes, Sabtu (09/3/2019). Feifei, dari Tiongkok selatan, telah memakan rambutnya sendiri sejak usia dia dua tahun. Pada bulan Januari, dia memberi tahu ibunya bahwa dia sudah menghentikan kebiasaan itu. Tetapi pada Bulan berikutnya, dia jatuh sakit dengan sakit perut yang parah lalu muntah.

 

Beberapa hari kemudian, ibu Feifei memperhatikan bahwa perut anaknya mulai membengkak dan segera membawanya ke rumah sakit di Guangdong. Namun, para dokter tidak dapat menemukan sisa makanan ataupun sesuatu yang mencurigakan di perutnya, World Of Buzz melaporkan.

Dr. Tang Shilong kemudian melakukan CT Scan dan menemukan bola rambut sangat besar yang sedang tersangkut. Dia tidak bisa menghilangkan bola rambut itu melalui endoskopi karena menunjukkan tanda-tanda pengerasan jaringan. Akhirnya dokter Shilong berhasil menghilangkan bola rambut tersebut dengan melakukan operasi.

Ini adalah salah satu kasus dimana ditemukan seorang gadis muda telah mengunyah rambutnya sedemikian rupa sehingga telah berubah menjadi bola rambut besar di perutnya

Dilaporkan bahwa ibu gadis itu juga telah berusaha menghentikan kebiasaan gadis itu di awal tahun.

“Bola rambut ini pasti sudah ada di perut selama bertahun-tahun. Kebiasaan makan rambut adalah gejala khas pica, kelainan makan yang membuat orang cenderung makan benda-benda yang tidak bergizi, ”kata Shilong.

Feifei dipulangkan dari rumah sakit akhir Februari dan sudah mulai pulih. Ibunya mengawasinya dan berusaha menghentikan anaknyaauntuk memakan rambutnya.

BACA JUGA : Perempuan Itu Hebat, Maria Harfanti: "Bisa Jadi Penggerak Perubahan!"

Dalam insiden serupa pada Februari 2019, bola rambut 250 gram (0,5 lb) telah dikeluarkan dari perut seorang gadis berusia 12 tahun di Cina. Zhu Xiaoxin menderita kelainan langka yang disebut sindrom Rapunzel karena ia memakan rambutnya sendiri. Bulan lalu, gadis itu mengeluh sakit perut yang parah setelah itu dia dilarikan ke rumah sakit.

(dno)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini