nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cukur Kumis dan Bulu di Wajah Bebas Luka untuk Wanita, Ini 5 Tipsnya!

Rahma Yulita, Jurnalis · Sabtu 09 Maret 2019 16:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 09 611 2027783 cukur-kumis-dan-bulu-di-wajah-bebas-luka-untuk-wanita-ini-5-tipsnya-aFeBp8Y5yE.jpg Wanita bercukur, ini 5 tipsnya (Foto: Hauteliving)

MEMILIKI bulu di bagian tubuh merupakan hal yang wajar bagi setiap orang. Namun, Terkadang orang merasa tidak nyaman dengan kehadiran rambut halus ini, terutama para wanita. Karena selain di tubuh, bulu juga bisa tumbuh di wajah.

Para pria telah menguasai seni mencukur bulu di wajah sejak dahulu kala. Sementara itu, wanita hanya mengenal bagaimana cara mencukur bulu di kaki tanpa cacat, tetapi tidak dengan bulu yang ada di wajah. Alih-alih merasa ribet, biasanya wanita memilih untuk melakukan waxing.

 BACA JUGA : Ramalan Zodiak: Scorpio Tak Usah Salahkan Orang Lain, Aries Jangan Asal Tuduh!

Ternyata, mencukur wajah malah justru membawa hasil yang jauh lebih baik dibandingkan dengan waxing. Melansir wellandgood, Sabtu (9/3/2019) seorang dokter kulit di New York, Dendy Engelman, MD mengatakan bahwa waxing bahkan lebih buruk daripada mencukur ketika datang ke bulu-bulu di wajah. Mengejutkan, bukan?

“Waxing mengganggu epidermis superfisial ketika rambut ditarik dari folikel. Ketika kulit tumbuh kembali, ia dapat tumbuh di atas pembukaan folikel dan menyebabkan rambut tumbuh ke dalam,” jelasnya.

Jika Anda melakukannya dengan benar, mencukur wajah akan membuat Anda memiliki kulit halus dan bebas rambut. Jadi tunggu apa lagi? Meskipun mencukur wajah Anda mungkin terdengar menakutkan, ini bisa menjadi langkah kecantikan terbaik untuk Anda. Inilah 5 trik mencukur bulu di wajah yang aman!

 

Pilih pisau cukur yang tepat

Ketika memilih pisau cukur yang tepat untuk wajah, jangan meraih benda yang sama dengan yang Anda gunakan pada kaki Anda. Sebaliknya, Dr. Dendy mengatakan untuk mengambil alat cukur lain yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya.

Pastikan kulit Anda lembap

Jika kulit tidak lembap sebelum bercukur, Anda mungkin akan mengalami iritasi yang disertai kemerahan di wajah. Kuncinya adalah melembap kan kulit Anda sebelum mencukur untuk melembutkan rambut dan folikel rambut. Temukan krim cukur berbasis emolien yang ketika diaplikasikan pada kulit, melembutkan rambut dan folikel sehingga ketika pisau cukur melintasi kulit, iritasinya tidak terlalu banyak.

Lakukan eksfoliasi terlebih dahulu

Untuk memastikan kulit dalam kondisi prima, sebaiknya Anda lakukan dulu eksfoliasi wajah untuk menghilangkan benjolan dan mengurangi kulit banyak yang terkelupas. Eksfoliasi terhadap beberapa area di wajah dapat memastikan rambut bisa keluar dengan bersih.

Cukur ke arah yang sama dengan pertumbuhan rambut

Untuk memastikan kulit Anda tidak teriritasi, selalu mencukur ke arah yang sama dengan pertumbuhan rambut. Mencukur ke arah yang berlawananan memang memberi Anda pencukuran yang lebih efisien, tetapi ujung rambut yang tumpul dapat tumbuh kembali ke dalam kulit, daripada muncul di permukaan kulit.

 BACA JUGA : Punya Hobi Aneh, 2 Kg Sampah Bersarang di Perut Pria Ini

Melembapkan kembali kulit setelah mencukur

Kulit akan terasa halus seperti sutra setelah Anda selesai bercukur, tetapi jangan lupa bagian yang paling penting: pelembap . Dengan begitu, kulit Anda akan halus dan bercahaya sampai tiba saatnya untuk mengeluarkan pisau cukur kembali.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini