nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sediakan Waktu Rutin ke Pantai, Demi Kesehatan Mental Anda!

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 10 Maret 2019 16:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 10 481 2028023 sediakan-waktu-rutin-ke-pantai-demi-kesehatan-mental-anda-d0C4EXVJD6.jpg Liburan ke Pantai (Foto: Ist)

SETIAP orang butuh vitamin sea alias liburan ke pantai. Karenanya, manfaat yang didapatkan sangat melimpah, terlebih memperbaiki kesehatan mental.

Semua orang suka liburan ke pantai, ya pemandangannya yang cantik tak hanya memanjakan mata, tapi merelaksasi pikiran. Birunya air laut, deburan ombak dan desiran pasirnya pasti memukau siapa saja. Anda pasti bakal betah saat mengunjunginya.

Tanpa disadari, berdasarkan penelitian, orang yang rajin ke pantai bisa menjaga kesehatan mentalnya dengan utuh. Hal ini jelas sangat dibutuhkan karena baik untuk kehidupan.

Dilansir Okezone dari Thefactsite, Minggu (10/3/2019), ada tiga bukti yang menyebutkan bahwa pergi ke pantai bisa menjaga kesehatan mental. Berikut ini ulasan selengkapnya yang wajib Anda simak!

Pergi ke pantai mengurangi stres.

Orang bilang ingin ke pantai untuk menghilangkan stres, itu benar! Karena di pantai banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan, jadi tak sekedar berdiam diri.

Kombinasi dari sinar matahari pantai yang kaya vitamin D serta gelombang air pantainya berfungsi untuk merelaksasi tubuh. Rasanya Anda pun terbebas dari tekanan masalah yang dihadapi sehari-hari.

Tidak hanya itu, saat pergi ke pantai hormon serotonin bakal melimpah. Hormon tersebut fungsi utamanya dapat merelaksasi dan membangkitkan rasa bahagia.

Juga dengan suara-suara alami dari pantai begitu menenangkan dan mendamaikan hati. Dokter dan terapis bahkan meresepkan seseorang untuk pergi ke pantai agar membantu memerangi kecemasan dan stres pasien.

Baca juga:

Lebih mudah tidur nyenyak setelah ke pantai

Setelah beberapa jam menghabiskan waktu di pantai, salah satu manfaat terbesar yang akan Anda alami adalah bisa tidur nyenyak di malam hari. Nah, buat penderita insomnia, pergi ke pantai adalah obat alaminya.

Karena suasana pantai membantu seseorang yang sulit tidur, menurunkan tingkat stres dan kecemasan yang tinggi, mengatasi kelelahan fisik, dan ketidakseimbangan hormon.

Selain itu, sinar matahari di pantai bisa mengatur hormon seseorang, yang membuat orang rileks. Hormon tersebut juga membuat Anda jauh lebih mudah tidur nyenyak.

Mudah terhubung dengan diri sendiri

Bila seseorang senang menghabiskan waktu di pantai dapat menghubungkan dengan roh dan kesadaran jiwa Anda. Luasnya lautan, cakrawala yang luas, dan keindahan lingkungan membuat Anda benar-benar menghargai alam.

Selain itu, saat Anda dikelilingi oleh alam yang indah, hati akan merasa damai dan melepaskan diri dari tekanan hidup. Selama di pantai, berlatihlah sedikit meditasi atau yoga di pantai karena terbukti dapat menenangkan pikiran dan efeknya baik untuk kesehatan mental.  

(ren)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini