nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makna Filosofi Bakso dan Rantai Sepeda dalam Hubungan Pernikahan Jokowi dan Iriana

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 11 Maret 2019 08:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 11 196 2028264 makna-filosofi-bakso-dan-rantai-sepeda-dalam-hubungan-pernikahan-jokowi-dan-iriana-gRb78VzFea.png Wawancara Cak Lontong dengan Jokowi (Foto: Youtube)

SIAPA yang tidak iri dengan keharmonisan Presiden Joko Widodo dengan Iriana? Pasangan ini sudah menikah sejak 24 Desember 1986. Sudah 33 tahun dan sampai sekarang masih lengket seperti prangko.

Sikap menghargai, sederhana, dan mau bekerja keras untuk kehidupan keluarga sepertinya jadi kunci utama pernikahan mereka berdua.

Bicara mengenai hubungan Jokowi dengan Iriana, hal menarik yang bisa dikulik adalah masa-masa mereka masih pacaran. Momen ini banyak mengukir kisah lucu dan tak sedikit juga yang kemudian bisa dipetik hikmahnya untuk kita semua.

Seperti kisah bakso yang diceritakan Jokowi pada Cak Lontong dalam wawancara ekslusifnya di Chanel Youtube Jokowi berjudul "30 Menit dengan Cak Lontong". Jokowi menuturkan, bakso jadi saksi pertama kisah percintaan dia dan Iriana

"Pertama kali ketemu makan bakso dan sepedahan. Kedua kalinya sepedahan lagi. Setelah itu, saya yakin kalau ibu Jokowi (Iriana, Red) sudah 'kena' sama saya," tutur Jokowi mengulang kembali kisah cinta pertamanya dengan Iriana.

Lalu, Cak Lontong penasaran kenapa bakso yang dipilih Jokowi. Jawaban pria nomor satu di Indonesia ini mungkin akan membuat Anda tertawa karena saking lugunya.

"Kenapa bakso? Pertama karena pas untuk saya, maksudnya porsinya pas dan harganya murah. Coba kalau misalnya saya dan ibu Jokowi makannya nasi tumpeng, kekenyangan," katanya lantas tertawa.

Makanya, Jokowi memilih bakso karena porsinya pas dan menurutnya bakso itu kearifan lokal. Selain itu, ada filosofi bakso yang dianut Jokowi dalam mengarungi bahtera rumah tangga dengan Iriana. Apa itu?

"Bakso kan bulat. Ini maksudnya, tekad bulat kita berdua untuk membangun rumah tangga yang bahagia dan menyatu terus," ungkap Jokowi kemudian tersenyum tulus.

Tidak hanya itu, filosofi hidup lainnya yang didapat Jokowi saat kencan pertama dengan Iriana adalah pengalaman hidup saat rantai sepeda yang menjadi saksi percintaannya dengan Iriana, putus di tengah jalan.

"Ya, sepedahan dan rantainya pernah putus. Tapi, yang jelas rantai cinta saya ke ibu Jokowi tidak pernah putus," tambahnya yang membuat suasana wawancara semakin mencair.

So, di balik sosoknya yang sederhana, ternyata Jokowi romantis banget, ya, dengan Iriana. Hayo, siapa yang iri?

 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini