nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara untuk Mengetahui Seseorang yang Lagi Berbohong

Rahma Yulita, Jurnalis · Senin 11 Maret 2019 18:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 11 196 2028484 begini-cara-untuk-mengetahui-seseorang-yang-lagi-berbohong-U33jtzKEUt.png Begini cara mengetahui seseorang tengah berbohong (Foto: Medium)

PERNAHKAH kamu berpikir bahwa seseorang yang sedang kamu ajak bicara adalah seorang pembohong? Yah, mungkin saja apa yang kamu pikirkan benar. Mendengar kebohongan memang sudah dianggap sebagai hal yang wajar, tetapi dibohongi secara terus menerus sangat menyebalkan dan sekaligus menyakitkan.

Itulah sebabnya mempelajari bagaimana cara untuk tahu apakah seseorang berbohong itu penting, apalagi jika kamu berpikir orang itu mungkin pembohong yang patologis.

Pembohong ulung adalah seseorang yang merasa menemukan kesenangan saat berbohong. Mengatakan hal dengan jujur justru tidak membuat mereka senang, jadi berbohong sudah membuat mereka kecanduan. Mereka juga suka mengarang cerita untuk mendapatkan perhatian.

Seperti yang dilansir Yourtango, Senin (11/3/2019) berikut ini adalah tanda-tanda yang mampu membantu untuk mengetahui saat seseorang sedang berbohong, dan apakah orang itu pembohong ulung atau bukan.

 BACA JUGA : Ramalan Zodiak Awal Pekan, Gemini Jangan Boros Sagitarius Bakal Sibuk

1. Perhatikan sinyal stres

Biasanya, cukup sulit untuk menemukan pembohong ulung karena mereka bertindak sangat alami ketika berbohong. Namun, mereka masih terlihat sedikit “stres” saat melakukan itu. Perhatikan sinyal-sinyal stres yang mungkin terlihat seperti menggosok tangan bersama-sama, atau ekspresi gelisah.

Respon pertama yang dapat membuktikan bahwa seseorang sedang berbohong adalah stres yang membuat dirinya diam sejenak. Jadi, jika kamu melihat lawan bicaramu diam sejenak dengan wajah gelisah, seperti sedang memikirkan suatu hal, ini bisa dipastikan tanda ia sedang berbohong.

2. Perhatikan mata

Gagasan bahwa seseorang tidak bisa menatap mata saat berbohong adalah mitos! Ini mungkin benar untuk beberapa pembohong yang tidak berpengalaman, tetapi penelitian menunjukkan bahwa pembohong ulung malah justru menggunakan terlalu banyak kontak mata, karena mereka berusaha sangat keras untuk meyakinkan.

Sinyal yang mungkin mereka berikan saat berbohong yaitu pupil mata membesar, tingkat kedipan mereka melambat saat sedang merangkai kata-kata untuk berbohong dan kemudian menjadi cepat lagi saat mereka selesai berbohong.

 

3. Melacak kontradiksi

Pembohong yang tidak berpengalaman cenderung banyak berbohong sehingga kebohongan mereka mulai bertentangan. Tapi coba bandingkan cerita saat bersama teman dan cerita saat bersama orang yang kamu curigai sebagai pembohong ulung. Lihat apakah ada detail tertentu yang diubah dari cerita yang kamu dengar.

Hal ini juga berlaku ketika ditanya sesuatu, sebagian besar pembohong akan menghindari kebenaran dengan menjawab pertanyaan seperti orang yang sedang menolak.

4. Dengarkan nada suara

Para ahli memberi tahu bahwa nada suara dasar akan naik di bawah kondisi yang penuh tekanan, karena saat orang merasa tertekan, pita suara mereka berkerut. Selain itu, saat merasa tertekan orang juga mengalami kebutuhan untuk minum air dan menjilat atau melembabkan bibir mereka, karena sistem saraf otonom membuat aliran adrenalin meningkat yang menyebabkan mulut kering.

 BACA JUGA : Makan Pedas Sebelum Tidur Bisa Bikin Mimpi Buruk?

5. Amati semua tindakan di bawah ini

David DeSteno, profesor psikologi di Northeastern University, menemukan empat gerakan yang dapat menunjukkan seseorang berbohong atau menyembunyikan sesuatu. Kelompok sinyal nonverbal khusus ini telah terbukti secara statistik untuk menyertai ketidakjujuran, yaitu: Menyentuh tangan, menyentuh wajah, menyilangkan lengan, bersandar

Singkatnya, tidak selalu mudah untuk menemukan pembohong ulung, tetapi mungkin kamu mampu mengetahui kapan seseorang berbohong jika kamu memperhatikan pola mereka. Dan yang terakhir, cobalah untuk mulai mempercayai nalurimu sendiri!

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini