nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Genap Berusia 76 Tahun, Berikut 5 Olahraga yang Disarankan untuk Ma'ruf Amin

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 11 Maret 2019 17:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 11 481 2028518 genap-berusia-76-tahun-berikut-5-olahraga-yang-disarankan-untuk-ma-ruf-amin-ctscH7NmCu.jpg KH Ma'ruf Amin (Foto: Okezone)

CALON Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin berulangtahun ke-76 hari ini, Senin, 11 Maret 2019. Tagar #PanjangUmurKiyai pun membanjiri lini Twitter.

Ma'ruf Amin lahir pada 11 Maret 1943 di Kresek, Tangerang. Di usianya yang sudah tak muda lagi, perannya untuk negara ini tak bisa dipandang sebelah mata. Memang bukan orang politik, tapi yang dia lakukan berdampak besar juga untuk Indonesia. Terutama saat Ma'ruf Amin menjabat sebagai Ketua MUI.

Jika melihat perawakan Ma'ruf Amin, banyak dari Anda yang berpendapat kalau pria 76 tahun ini sudah tak bisa melakukan banyak aktivitas. Padahal, Ma'ruf Amin masih banyak jalan terlebih saat kunjungan ke beberapa wilayah di Indonesia. Aktivitas sederhana ini ternyata berdampak besar, lho, untuk kesehatan tubuhnya.

Memang tak boleh sembarang melakukan olahraga. Mereka yang berusia di atas 50 tahun sudah sepatutnya berkonsultasi ke dokter pribadi untuk mencari tahu olahraga apa yang cocok. Ini bertujuan agar tujuan bisa tercapai dan meminimalisir cedera yang malah bisa memperburuk keadaan. So, olahraga apa yang bisa disarankan untuk lansia seperti Ma'ruf Amin?

Baca juga :

1. Berjalan

Berjalan adalah cara terbaik untuk mulai berolahraga. Berjalan tidak memerlukan peralatan khusus, selain dari sepasang sepatu berjalan yang nyaman dan dapat dilakukan di mana saja.

2. Kelas olahraga atau kebugaran senior

Dengan ikut terlibat di kelas olahraga manula, Anda tidak hanya mendapatkan tujuan olahraga tapi juga motivasi untuk tetap hidup dengan sehat dan bahagia. Kelas ini juga bisa menghilangkan stres dan tempat untuk bertemu teman.

3. Aerobik air dan olahraga air

Berolahraga dalam air dipercaya dapat mengurangi stres dan ketegangan pada sendi tubuh.

4. Yoga

Olahraga ini menggabungkan serangkaian pose dengan pernapasan. Bergerak melalui pose membantu meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan keseimbangan, dan dapat disesuaikan dengan level apa pun.

5. Tai Chi dan Qi Gong

Sistem gerakan yang terinspirasi seni bela diri ini dipercaya bisa meningkatkan keseimbangan dan kekuatan. Kelas untuk manula sering tersedia di taman kota atau memang kelas Tai Chi di pusat olahraga.

So, bukan hal mustahil untuk berolahraga di usia senja. Asal gerakannya tepat dan sesuai arahan pelatih, untuk tetap bugar di usia tua bukan isapan jempol. Sekali lagi, selamat ulang tahun, pak!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini