nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Diet MIND, Bantu Turunkan Berat Badan dan Cegah Demensia

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 03:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 11 481 2028596 mengenal-diet-mind-bantu-turunkan-berat-badan-dan-cegah-demensia-WjOleH53yP.jpg Diet MIND turunkan berat badan sekaligus cegah demensia (Foto:Ist)

SELAMA ini banyak orang yang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Padahal, masih banyak manfaat yang bisa didapat dari menjaga pola makan secara teratur. Salah satunya mencegah terjadinya demensia. Menurut penelitian baru, ada jenis diet yang bisa menjaga kesehatan otak yaitu diet MIND.

Diet ini memiliki kepanjangan Mediterranean-DASH Intervention for Neurogenerative Delay. Sesuai dengan namanya, diet MIND merupakan kombinasi dari diet Mediteranian yang berfokus pada makanan utuh dan sedikit lemak jahat, serta diet DASH yang berupaya menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara menurunkan konsumsi natrium. Jenis diet ini dikembangkan oleh Profesor Martha Morris dari Rush University Medical Centre, Chicago.

Bersama dengan rekannya, Prof Morris melakukan penelitian terhadap 1.220 orang dewasa di Australia yang berusia 60 tahun. Penelitian itu dilakukan dalam jangka waktu lebih dari 12 tahun. Selama waktu itu, para peneliti memetakan rencana makan yang berbeda pada peserta. Rencana makan itu memengaruhi kesehatan otak. Hasilnya, peserta yang mengikuti diet MIND risiko kemungkinan terkena demensia turun hingga 19% berdasarkan diagnosis klinis.

Baca Juga:

Intip 5 Tampilan Fashionable Kimmy Jayanti Pamer Perut Buncit

Sempat Ditutupi, Akhirnya Syahrini Bongkar Nama Desainer Busana Pengantinnya

Lantas, bagaimana cara melakukan diet MIND? Melansir The Sun, Selasa (12/3/2019), prinsip diet ini adalah mengonsumsi makanan utuh dan mengurangi makanan olahan. Jenis makanan seperti itu dapat mengurangi kelebihan lemak di tubuh dan menjaga berat badan ideal. Selain itu, makanan juga dapat melindungi kesehatan otak.

 The MIND diet has been found to help with the prevention of Alzheimer's

Diet MIND merekomendasikan paling tidak sembilan makanan yang harus dikonsumsi setiap hari dan lima jenis makanann yang harus dihindari. Kesepuluh makanan itu adalah sayuran terutama yang berdaun hijau, blueberry, kacang-kacangan seperti almond dan mede, kacang polong, biji-bijian, ikan, daging unggas, minyak zaitun, dan wine. Sedangkan kelima makanan yang harus dihindari adalah makanan yang digoreng atau makanan cepat saji, daging merah, keju, mentega atau margarin, serta kue dan manisan.

Tak hanya itu, ada beberapa aturan yang harus dituruti oleh peserta diet, antara lain :

1. Makan setidaknya tiga porsi biji-bijian sehari

2. Makan satu porsi salad sehari

3. Makan satu jenis sayuran setiap hari

4. Mengemil kacang-kacangan setiap hari

5. Makan ayam dan buah bery setidaknya dua kali seminggu

6. Makan ikan setidaknya seminggu sekali

7. Konsumsi makanan tidak sehat maksimal sekali per minggu

8. Konsumsi mentega atau margarin kurang dari satu sendok makan sehari

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini