nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Ngaku Belum Afdol jika Tak Konsumsi 2 Minuman Sehat Ini di Pagi Hari

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 09:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 11 481 2028599 jokowi-ngaku-belum-afdol-jika-tak-konsumsi-2-minuman-sehat-ini-di-pagi-hari-Zo88xhj3Gk.jpg Jokowi dan Iriana di Hutan Karet Banyuasin (Foto: Instagram)

SEMUA orang tentu memiliki kebiasaan-kebiasaan khusus yang selalu mereka lakukan sebelum menjalani rutinitas sehari-hari. Begitu pula dengan Presiden Joko Widodo. Saat melakukan wawancara eksklusif dengan RCTI yang dipandu oleh Cak Lontong, Jokowi membeberkan beberapa aktivitas yang ia lakukan sebelum menjalankan tugasnya sebagai kepala negara.

“Mengawali tugas, apa ada rutinitas atau ada hal yang harus bapak lakukan sebelum mengawali pagi setelah tidur dan bersiap untuk bertugas?,” tanya Cak Lontong.

Jokowi pun spontan menjawab bahwa hal pertama yang selalu dilakukannya setelah bangun dari tidur adalah menunaikan ibadah Shalat Shubuh. Selidik punya selidik, ternyata masih ada satu kebiasaan unik yang tidak pernah absen dilakukan Jokowi setelah beribadah yakni, meminum jamu tradisional.

Baca juga :

“Saya dengar, ada minuman-minuman tertentu yang selalu bapak konsumsi di pagi hari, katanya bapak selalu minum jamu setiap hari? apa benar?,” sambung Cak Lontong.

“Ya benar, saya selalu minum jamu temulawak dan jahe. Bagus untuk ginjal dan bagus untuk liver (hati),” ungkap Jokowi.

Mendengar jawaban tersebut, Cak Lontong tampak terkejut seolah tak percaya bahwa orang nomor satu di Indonesia ini masih mengonsumsi kuliner atau minuman tradisional di era serba modern seperti saat ini. Ia pun kembali menggoda Jokowi dengan pertanyaan unik bin ajaib yang sukses mencairkan suasana.

“Pak begini, saya kan berbicara dengan berbasis data, karena diluar banyak orang yang asal bicara, asal nyinyir tanpa ada data. Saya punya data, Indonesia ini punya keanekaragaman hayati yang luar biasa. Diperkirakaan 300 ribu satwa liar ada di Indonesia, itu sekitar 17,5% dari satwa liar yang ada di dunia,” jelas Cak Lontong.

“Padahal, luas Indonesia daratannya hanya 1.3 persen dari luas dunia, tetapi lautan kita dihuni sekitar 45% lebih jenis ikan dari yang ada di dunia. Berkaitan dengan hal tersebut, bapak ini suka soto ayam, soto daging, atau ikan bakar?,” timpalnya.

Alih-alih kesal dengan pertanyaan Cak Lontong yang terdengar berputar-putar, Jokowi justru menjawab pertanyaan tersebut dengan gaya bicaranya yang khas. Ia paham betul, tugas seorang pelawak memang harus menciptakan suasana yang nyaman, menyenangkan, dan tidak kaku.

“Saya semua makanan khas asli Indonesia, saya senang semua. Soto ayam, soto daging, dan ikan bakar saya suka semua. Namun yang paling penting ada perlakuan khusus dulu,” papar Jokowi.

Sekarang giliran Cak Lontong yang terlihat kebingungan dengan jawaban Jokowi.

“Kita ingin tahu, perlakuan khusus terhadap ayam, daging, dan ikan itu seperti apa pak?,” tanya Cak Lontong.

“Ya yang paling penting harus dimasak dulu, kalau nda mau makan ayam mentah, daging mentah, atau ikan mentah,” tegas Jokowi.

Rasa penasaran Cak Lontong pun akhirnya terjawab. Ia menyambut pernyataan Jokowi dengan sebuah lelucon singkat.

“Maaf pak, saya sudah pensiun jadi kucing. Bapak ini bisa aja,” tutup Cak Lontong.

(mrt)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini