nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Cara Tingkatkan Libido Seks dan Keintiman saat Punya Penyakit Kronis

Rahma Yulita, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 01:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 11 485 2028653 9-cara-tingkatkan-libido-seks-dan-keintiman-saat-punya-penyakit-kronis-b4UE3SogQQ.jpg Ilustrasi (Foto: Babyclub)

Penyakit kronis dan masalah kesehatan lainnya mampu merubah banyak aspek kehidupan sehari-hari, terlepas dari apakah Anda atau pasangan Anda yang mengalami masalah kesehatan tersebut.

Namun, salah satu masalah utama yang dihadapi pria dan wanita setelah terdiagnosis memiliki penyakit adalah bagaimana hal itu mempengaruhi hubungan mereka, terutama kehidupan seks dan kesehatan seksual sebagai pasangan.

Keintiman fisik dan seks adalah bagian yang sehat dan penting dari setiap hubungan atau perkawinan, tetapi ketika berurusan dengan masalah medis, libido Anda sering menjadi salah satu area pertama yang terkena dampak negatif.

Ketika mengalami penyakit kronis, beberapa perubahan yang terjadi mungkin bersifat fisik, seperti perubahan pada tubuh, efek samping dari pengobatan, disfungsi seksual dan libido rendah, kelelahan, dan juga rasa sakit. Selain fisik, Anda mungkin mengalami perubahan psikologis seperti depresi dan kecemasan yang juga menimbulkan ketakutan terus-menerus di sekitar kemampuan seksual dan kinerja seksual Anda.

Melansir Yourtango, Selasa (12/3/2019) inilah cara meningkatkan libido, memperdalam keintiman dan meningkatkan kehidupan seks ketika penyakit kronis memengaruhi kesehatan seksual Anda sebagai pasangan.

1. Komunikasikan kebutuhan Anda dengan pasangan

Cobalah untuk memberi tahu apa yang sebenarnya Anda butuhkan kepada pasangan, dan minta juga pasangan Anda untuk mengkomunikasikan kebutuhan mereka. Saling berbicara adalah salah satu bagian penting dari hubungan intim apa pun.

pasutri

2. Pecahkan masalah yang ada

Anda dapat meningkatkan kehidupan seks bersama pasangan dengan menjadikannya pendekatan tim, dimana Anda dan pasangan bekerjasama untuk memecahkan setiap permasalahan yang ada. Nyatakan kebutuhan emosional seputar keintiman seksual dan faktor-faktor lain dalam hubungan Anda.

3. Pertimbangkan psikoterapi pasangan

Mungkin lebih baik jika Anda dan pasangan coba menemui terapis seks. Mereka akan mampu membantu Anda dan pasangan untuk menghadapi masalah seksual, seperti masalah yang berkaitan dengan kesehatan seksual dan libido rendah. Mereka juga akan memberi Anda saran lain jika ada disfungsi seksual yang Anda alami seperti masalah hasrat dan gairah, disfungsi ereksi, dan nyeri seksual.

4. Pelajari tentang penyakit kronis Anda

Pelajari lebih mendalam tentang kondisi Anda dan bagikan hal ini dengan pasangan. Memiliki pengetahuan tentang penyakit dapat membuat Anda dan pasangan menjadi lebih dekat. Ini dapat membangun keintiman dalam hubungan Anda!

5. Saling menjaga satu sama lain

Untuk pasangan yang tidak memiliki penyakit kronis, perhatikan adanya depresi pada mereka dan awasi kesehatan mereka juga. Tujuannya di sini adalah menjadi kekasih bukan pengasuh, tetapi kadang-kadang pasangan dapat mengambil peran ini.

Mungkin Anda dan pasangan ingin juga mencari konseling individual. Ini sehat dan baik untuk hubungan dan kehidupan seks kalian.

pasutri

6. Terima dan akui kekurangan Anda

Belajarlah untuk membangun hubungan dengan penyakit kronis. Ini dapat membantu Anda berdua mengembangkan kehidupan “normal yang baru” dalam hubungan kalian. Dengan menerima kekurangan Anda, dampak baik akan datang dengan sendirinya dimana Anda akan mulai bisa menerima kondisi dan belajar untuk hidup baik di tengah-tengah penyakit Anda.

7. Atasi stres sebanyak mungkin

Jangan menghindari stres, karena dengan menghindar dapat membuat rasa sakit menjadi lebih buruk lagi. Cobalah untuk mengatasi, daripada mundur untuk menghindarinya. Mengatasi stres ini dapat membantu mendorong keinginan untuk berhubungan intim secara fisik dan meningkatkan gairah seks Anda.

8. Cobalah untuk bersosialisasi

Mengisolasi diri dari kehidupan sosial adalah hal yang biasa bagi orang yang memiliki penyakit kronis. Cobalah untuk menemukan keseimbangan di mana Anda dapat bersosialisasi, karena hal ini dapat membuat Anda merasa lebih positif tentang kehidupan, yang nantinya akan berdampak baik terhadap hubungan seksual.

9. Berikan yang terbaik

Menjadi baik itu bagus. Melakukan sesuatu untuk pasangan dapat membangun apa yang diperlukan untuk keintiman seksual, dan untuk memulai kehidupan seks supaya lebih baik lagi ketika Anda sedang berhadapan dengan penyakit kronis.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini