nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

#ChallengeForChange, Tantangan Bersih-Bersih Sampah yang Sedang Digandrungi di Seluruh Dunia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 11 Maret 2019 22:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 11 612 2028636 challengeforchange-tantangan-bersih-bersih-sampah-yang-sedang-digandrungi-di-seluruh-dunia-VfA6sSCqy6.jpg Tantangan bersih-bersih sampah yang sedang digandrungi (Foto: @ziatuwel/Twitter)

Media sosial adalah platform yang tepat untuk menyebarkan virus-virus positif sekaligus melakukan sebuah perubahan. Salah satu isu yang kini cukup gencar disuarakan adalah isu lingkungan.

Perubahan iklim yang semakin ekstrem dan tak lagi bisa diprediksi menimbulkan kecemasan tersendiri di kalangan pemerintah dunia. Berbagai kebijakan pun telah dirancang untuk menanggulangi dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun, hal tersebut akan menjadi sia-sia jika tidak didukung oleh kesadaran masyarakat yang merupakan salah satu aktor utama dalam peningkatan jumlah sampah setiap tahunnya.

Untunglah, masih banyak orang-orang baik yang berinisiatif mengubah dunia ini menjadi lebih baik. Tidak percaya? Lihat saja tren #ChallengeForChange yang tengah menghiasi berbagai platform media sosial seperti Instagram dan Twitter.

Sesuai dengan tagline-nya, tujuan tantangan ini adalah mengajak masyarakat untuk melakukan perubahan di sektor lingkungan. Dimulai dari melakukan kegiatan-kegiatan kecil yang sejatinya berdampak besar bagi keberlangsungan hidup manusia seperti membersihkan tumpukan sampah-sampah plastik .

Beberapa netizen yang telah mengikuti #ChallengeForChange ini pun dengan bangganya membagikan foto ‘before after’ mereka. Berikut Okezone rangkumkan beberapa di antaranya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Senin (11/3/2019).

Foto pertama datang dari seorang pria yang berhasil membersihkan sampah di daerah permukimannya. Pada foto pertama, pria itu tampak berdiri di atas sampah-sampah yang masih berserakan. Perubahan drastis terlihat pada foto kedua. Dengan peluh keringat yang masih menetes di dahinya, ia berhasil membersihkan sampah tersebut dan membungkus menggunakan karung plastik berwarna hijau. Super keren bukan?

tantangan bersih bersih sampah

(Foto: @ziatuwel/Twitter)

Foto selanjutnya berasal dari seorang netizen yang berhasil membersihkan sampah di pesisir pantai. Alhasil, suasana pantai menjadi lebih asri, nyaman, dan menyenangkan.

tantangan bersih bersih sampah

(Foto: @ziatuwel/Twitter)

#ChallengeForChange ternyata tidak hanya diikuti oleh para kaum pria. Foto dibawah ini membuktikan bahwa kaum perempuan pun juga sangat antusias dalam menyebarkan virus-virus positif, terutama menyangkut isu lingkungan. Lihat saja senyuman manis yang dilemparkan wanita ini setelah selesai membersihkan tumpukan sampah. Luar biasa!

tantangan bersih bersih sampah

(Foto: @ziatuwel/Twitter)

Bagaimana Okezoners? Setelah melihat tantangan ini, apakah Anda tertarik untuk ikut berpartisipasi menjaga lingkungan? Jangan sungkan untuk mengunggah hasilnya di media sosial. Mari sebarkan virus-virus positif untuk menjaga bumi yang kita cintai ini.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini