nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nyeruput Kopi Gunung Kelir Rasa Moka di Stasiun Tawang

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 13:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 12 298 2028806 nyeruput-kopi-gunung-kelir-rasa-moka-di-stasiun-tawang-ic98PF4GFa.jpg Ngopi gunung kelir rasa moka (Foto:Taufik/Okezone)

KOPI Gunung Kelir Kabupaten Semarang Jawa Tengah menjadi buruan penikmat kopi karena memiliki cita rasa alami moka. Padahal untuk mendapatkan rasa kopi moka, diperlukan perpaduan antara kopi dan cokelat.

Para pecinta kopi biasanya rela menempuh perjalanan panjang menuju Kampung Kopi Sirap Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang agar bisa menikmati cita rasa kopi tersebut. Kondisi geografis yang berada di dataran tinggi dan iklim, menjadikan kopi di Gunung Kelir berbeda dari kopi kebanyakan.

"Memang beda kopi Gunung Kelir ini. Rasanya seperti telah dicampur cokelat. Jadi tanpa gula pun enak aja dinikmati. Diseruput pelan-pelan ketika masih panas," ujar Budi, di Stasiun Tawang Semarang, Senin (11/3/2019).

 

Dia mengaku sudah cukup lama mengenal rasa Kopi Gunung Kelir. Karenanya, warga Semarang itu segera mendatangi deretan barista yang tengah mengikuti pameran di kawasan Stasiun Tawang. Sambil memegang satu cup kopi, dia pun membeli sebungkus kopi serbuk bertuliskan "Kopi Sirap Kelir".

Baca Juga:

Intip 5 Tampilan Fashionable Kimmy Jayanti Pamer Perut Buncit

Dijuluki Dewi Barbeku, Pramusaji Ini Kelewatan Banget Seksinya

"Alhamdulillah bisa mendapatkan kopi ini di sini," tukasnya sembari berlalu menuju dalam stasiun.

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daerah Operasi 4 Semarang Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso, menyampaikan, pihaknya kembali menggelar acara Ngopi Bareng KAI setelah dua kali gelaran festival Ngopi Bareng KAI jilid 1 dan 2 pada 2018 mendapat respons bagus dari masyarakat. Program ini diselenggarakan selama dua hari yaitu Senin-Selasa, 11-12 Maret 2019 di Stasiun Semarang Tawang.

Pada tahun ini, masyarakat dan penumpang kereta api dapat menikmati kopi gratis yang KAI siapkan sebanyak total 50.000 cup di 17 stasiun di 15 kota, salah satunya di Stasiun Semarang Tawang. "Pada dua hari tersebut, pihak PT KAI Daop 4 Semarang akan membagikan kopi sebanyak 3.750 cup secara gratis kepada para penumpang KA Argo Sindoro, KA Menoreh, KA Argo Muria dan KA Ciremai. Selain di atas kereta api, kita juga membagikan kopi secara gratis kepada para penumpang di Stasiun Semarang Tawang," ujar Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso.

 

Untuk menyuguhkan kopi gratis di stasiun dan kereta api, KAI bekerja sama dengan Komunitas Kopi Nusantara merangkul 200 barista lokal profesional yang akan meramu dan menyuguhkan kopi gratis kepada para pecinta kopi di stasiun dan di kereta api jarak jauh dan menengah. Untuk di Daop 4 Semarang, menyiapkan 30 barista dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Tengah, yang meliputi Temanggung, Wonosobo, Magelang, Pati, dan Kabupaten Semarang.

Masyarakat dan penumpang KA yang ingin mendapatkan kopi gratis ini cukup menunjukkan aplikasi KAI Access yang sudah terinstall dan terdaftar di ponselnya kepada petugas di area festival di stasiun dan di kereta api. Kegiatan ini sekaligus dukungan PT KAI untuk memperkenalkan kopi lokal Indonesia.

“Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan edukasi serta wawasan seputar kopi di Nusantara sehingga mampu meningkatkan daya saing kopi asli Indonesia di masyarakat luas,” ujarnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini