nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Syahrini dan Reino Yakin Mau Punya 13 Anak? Ini Loh Dampaknya bagi Kesehatan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 12:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 12 481 2028802 syahrini-dan-reino-yakin-mau-punya-13-anak-ini-loh-dampaknya-bagi-kesehatan-C0rw4qH4dV.jpg Dampak bagi kesehatan kalau punya banyak anak (Foto:Ilustrasi/Ist)

SETELAH menggelar pernikahan sederhana ala keluarga Reino Barack, pengantin baru Syahrini dan Reino akhirnya menghadap awak media. Momen itu terjadi pada Minggu (10/3/2019) di salah satu hotel bintang 5 di Jakarta.

Pada momen itu, Syahrini menjelaskan banyak hal mengenai pernikahannya dengan Reino. Intinya, mereka berdua akhirnya buka suara pada awak media tentang kebahagiaan yang kini menyelimuti mereka. Nah, salah satu bahasan yang diceritakan adalah jumlah anak.

Berdasar pernyataan penanggung jawab acara, Syahrini dan Reino ingin banget punya 13 anak. Kalau kata penanggung jawab acara, Reino mengatakannya dengan cara yang unik. "Reino pengin punya 2 anak tapi ditambah 11 lagi. Ya, jumlahnya sama saja," kata si penanggung jawab menyampaikan ulang perkataan Reino.

Kalau dari statement ini, bisa dikatakan kalau pengantin baru yang ingin bulan madu di Kebon Raya Bogor itu ingin menyaingi keluarga Halilintar.

Tapi, apakah keinginan Syahrini dan Reino ini adalah pilihan yang tepat, khususnya jika dianalisa berdasar efek kesehatan yang bakal terjadi pada mereka?

Sebelumnya, Perempuan Indigo Furi Harun sempat menjelaskan pada Okezone kalau pasangan Syahrini dan Reino sangat memungkinkan untuk punya anak banyak. Tapi Furi menjelaskan, berdasar kesepakatan, sepertinya mereka hanya akan memiliki dua anak.

"Pasangan ini sangat memungkinkan punya anak banyak, tapi kayaknya kalau hasil perundingan, mereka memutuskan dua anak saja," katanya beberapa waktu lalu. Jadi, bisa dibilang, Syahrini dan Reino memang sangat mungkin untuk punya anak banyak, tapi pilihannya tidak ke arah anak banyak.

 

Nah, kembali ke pertanyaan di awal, apakah punya anak banyak itu bisa berdampak pada kesehatan si ibu dan ayah? Jawabannya berpengaruh!

Dilansir dari Daily Mail, punya anak lebih dari dua dianggap dapat meningkatkan risiko kanker serviks pada si ibu dan masalah serius pada si ayah. Hasil penelitian ini dituangkan dalam Journal Social Science and Medicine.

Peneliti Emily Grundy, dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, mengatakan, orangtua yang memiliki anak lebih dari empat kemungkinan besar memiliki efek buruk yang timbul dari stres, kerugian sosial dan ekonomi, dan gaya hidup.

Namun, perlu ditegaskan juga kalau memiliki banyak bayi terbukti dapat mengurangi peluang wanita terkena kanker payudara. Ini berkaitan dengan perubahan fisiologis yang terkait dengan kehamilan dan menyusui yang dapat menangkal penyakit.

Baca Juga:

Intip 5 Tampilan Fashionable Kimmy Jayanti Pamer Perut Buncit

Dijuluki Dewi Barbeku, Pramusaji Ini Kelewatan Banget Seksinya

Sementara itu, dalam penelitian terbaru, 90.000 ibu dan ayah di Inggris ditanyai tentang keadaan mereka dan betapa bahagianya mereka dengan nasib mereka dalam hidup. Ini menunjukkan bahwa pernikahan menjadi lebih bahagia dengan kedatangan bayi - dengan tiga anak yang paling banyak membawa sukacita.

Namun, anak-anak hanya membawa kebahagiaan bagi pasangan yang sudah menikah. Jika pasangan hanya hidup bersama, kelahiran anak cenderung menimbulkan ketidakpuasan, demikian temuan studi Universitas Glasgow. Peneliti Luis Angeles mengatakan ini mungkin karena komitmen pernikahan membawa serta kesiapan untuk memiliki anak. Atau, menjadi orang tua yang paling bermanfaat ketika 'kondisinya benar'.

Analisis Dr Angeles juga mengungkapkan, kebahagiaan pasangan menikah meningkat dengan kelahiran anak cukup maksimal tiga. Namun, ketika orangtua punya anak keempat, tingkat kebahagiaan itu akan menurun.

So, mau punya anak lebih dari dua? Lebih baik pikir ulang, ya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini