nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Keajaiban Sering Orgasme, Salah Satunya Bikin Panjang Umur!

Amanda Rahmadianti Syafira, Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 00:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 12 485 2029118 9-keajaiban-sering-orgasme-salah-satunya-bikin-panjang-umur-F2V3AQv2DX.jpg Ilustrasi (Foto: Dailystar)

Manfaat kesehatan dari orgasme tidak begitu terkenal di kalangan masyarakat, Tetapi data yang dimiliki sangat menunjukkan orgasme memiliki manfaat yang sangat baik. "Intinya adalah orgasme lebih baik untuk kesehatan Anda daripada buruk untuk kesehatan Anda," kata Barry R. Komisaruk, seorang Profesor psikologi di Rutgers University yang berspesialisasi dalam ilmu perilaku dan kesehatan seksual.

Apa itu orgasme?

Selama gairah, aliran darah ke alat kelamin Anda meningkat dan otot-otot di daerah itu tegang. Orgasme adalah cara tubuh Anda menghilangkan semua ketegangan itu dan kembali ke keadaan pra-rangsangan Anda melalui kontraksi ritmis.

Seperti apa rasanya orgasme berbeda-beda untuk semua orang, tetapi seringkali orang mengalami perubahan dalam pernapasan, perasaan hangat atau kesemutan, dan rasa kesadaran yang berubah. Pria sering berejakulasi selama orgasme tetapi tidak selalu, karena mereka sebenarnya adalah proses tubuh yang terpisah.

Kebanyakan pria rata-rata sekitar dua hingga tiga menit saat sedang melakukan hubungan intim sebelum orgasme tetapi, jika Anda menghitung dari pemanasan, rata-rata melonjak menjadi 7 hingga 14 menit.

1. Pereda sakit

Aliran oksitosin juga dapat meringankan beberapa jenis rasa sakit dan nyeri. Kita tahu bahwa hormon ini dilepaskan secara melimpah, mungkin selain untuk menghilangkan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan.

2. Mencegah kanker prostat

Mereka yang mengalami lebih dari 21 orgasme setiap bulan memiliki kemungkinan 30 persen lebih kecil terkena kanker prostat. Pada tahun 2003 ada 2.000 pria yang melaporkan riwayat ejakulasi sejak mereka masih muda. Mereka menemukan, pria yang mengalami orgasme lebih dari lima kali dalam seminggu di usia 20-an, memiliki kanker prostat agresif yang lebih rendah. Para peneliti tidak yakin tentang mengapa hal ini terjadi tetapi ada satu teori yang mengatakan, ejakulasi seringkali membersihkan prostat dari sisa sperma lama.

3. Penghilang stres

Orgasme jelas dapat mengalihkan pikiran seseorang dari situasi yang menekan, sehingga dapat menjadi penghilang stres. Meskipun penelitian sedang berlangsung, sepertinya oksitosin dan endorfin yang dilepaskan saat berhubungan seks dapat membuat orang merasa lebih santai, nyaman, dan aman. Penelitian telah menunjukkan, seks berpasangan biasanya merupakan cara yang lebih efektif untuk menghilangkan stres, tetapi masturbasi juga cenderung menurunkan tingkat stres.

Pasutri

4. Panjang umur

Sebuah studi tahun 1997 terhadap penduduk desa di kota Caerphilly, South Wales menemukan, pria yang paling banyak mengalami orgasme (dua kali seminggu) 50 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal.

"Tentu saja mungkin ada faktor mediasi lainnya," kata Komisaruk.

"Laki-laki yang mengalami kurang dari satu kali orgasme per bulan mungkin memiliki jenis masalah kesehatan lainnya."

Laki-laki yang sehat lebih mungkin untuk melakukan hubungan seks. Tetapi seks dapat tetap membuat kita dalam keadaan yang sehat, karena itu adalah salah satu bentuk olahraga.

5. Setia

Ada bukti yang berkembang bahwa oksitosin, hormon yang dilepaskan saat berhubungan seks dapat meningkatkan kesetiaan. Sebuah studi tahun 2012 Open New Window menemukan, pria yang sedang dalam suatu hubungan yang diberi dosis oksitosin, menjaga jarak lebih jauh dari wanita selama pertemuan pertama mereka daripada mereka yang masih lajang.

pasutri

6. Fungsi Otak

Dalam penelitiannya, Komisaruk telah menggunakan functional magnetic resonance imaging machine (fMRI) untuk memantau apa yang terjadi di otak selama sedang klimaks. "Apa yang kita lihat adalah peningkatan yang sangat besar dalam aktivitas otak saat ejakulasi," kata Komisaruk. "Jadi, ada peningkatan keseluruhan dalam aliran darah dan oksigen yang mungkin baik untuk otak."

Reaksi aliran darah yang diamati Komisaruk menunjukkan, orgasme membawa nutrisi dan oksigen ekstra ke otak. Latihan mental yang dilakukan beberapa orang untuk melatih otak mereka sering dimaksudkan untuk meningkatkan aktivitas otak ini.

7. Meningkatkan kepercayaan diri

Orgasme melepaskan oksitosin yang dapat merangsang pikiran positif dan juga meningkatkan kepercayaan diri pada pria. Kinerja seksual sangat penting untuk kepercayaan diri bagi pria. Itulah sebabnya hubungan intim dapat mempengaruhi ego pada seoarang pria.

Sementara, hubungan seksual mampu melepaskan oksitosin pada pria dan juga wanita, yang memiliki peran berbeda untuk masing-masing jenis

Pada pria, hormon ini menjadikannya lebih kompetitif. Setiap pria juga ingin menjadi yang paling dominan di dalam kelompok atau menjadi orang yang percaya diri. Ejakulasi merupakan salah satu cara yang tepat untuk merangsang kepercayaan diri itu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini