nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ngebet Nikah Tapi Budget Minimalis, Nih Trik Jitu Konsultan Pernikahan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 22:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 13 196 2029574 ngebet-nikah-tapi-budget-minimalis-nih-trik-jitu-konsultan-pernikahan-yQTThM2g9g.jpg Minimalisir biaya perniakahan (Foto:Today)

KEINGINAN menikah sudah mendarah daging tapi keuangan Anda masih belum mencukupi? Tidak mungkin juga Anda mengganti tanggal pernikahan, apalagi tanggal tersebut sudah sesuai dengan pertimbangan kedua pihak.

Dengan kondisi seperti ini, tentu Anda membutuhkan strategi untuk memangkas biaya-biaya yang mungkin bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan. Namun, memangkas bukan tugas yang mudah. Pertimbangannya banyak dan tidak semudah itu asal menghilangkan list.

Maka dari itu, Konsultan Pernikahan Resta Priang Sari menjelaskan kalau ada beberapa hal yang bisa menyiasati lonjakan biaya pernikahan dan memangkasnya tanpa ada perasaan sakit hati dari Anda dan pasangan.

Menurut Resta, hal pertama yang bisa "diotak-atik" adalah masalah undangan. Jika budget pernikahan Anda minimalis, jangan ragu untuk membatasi undangan.

"Memilih tamu undangan akan membantu Anda memangkas pengeluaran dengan berbagai cara. Buatlah undangan terbatas hanya untuk keluarga, teman dekat, dan kolega kerja yang Anda sangat kenal," ungkapnya pada Okezone, Selasa (13/3/2019).

Baca Juga:

Intip 5 Gaya Seksi Pinit Ngarmpring, Transgender Pertama yang Dicalonkan Jadi Perdana Menteri

Masak Telur Omlet di Bekas Botol Plastik Jadi Viral, Netizen: Langsung Auto Kanker!

Dengan membatasi jumlah undangan, Anda akan membayar lebih sedikit makanan dan souvenir tamu. Efek dari ini juga adalah Anda bisa menyimpan uang lebih tersebut untuk membayar tempat yang lebih kecil.

 

Selanjutnya, hal yang bisa dikompres adalah masalah tempat resepsi. Jika Anda memutuskan untuk mengundang sedikit tamu, maka tempat yang dipesan pun tidak perlu yang besar. Ini berkaitan jelas dengan harga gedung yang akan Anda bayarkan.

"Saya menyarankan untuk menyewa restoran, taman, atau di rumah saja kalau memang budget pernikahan Anda tidak terlalu besar. Ingat, makna pernikahan itu bukan seberapa besar acara pernikahan Anda dan pasangan, tapi doa dari tamu yang hadir dan semua tetap merasa bahagia," ungkap Resta.

Dia melanjutkan, siapa sangka kalau hari dan waktu resepsi pernikahan ternyata mempengaruhi budget pernikahan Anda. Kalau memang Anda berani dan memang tidak memiliki budget yang banyak, tidak ada salahnya untuk menggelar resepsi pernikahan di hari biasa. Biasanya, harga hari biasa lebih murah dari weekend.

Selain itu, waktu resepsi juga ternyata menentukan harga, lho. Kalau ini tergantung dari lokasi yang Anda pilih, tapi biasanya momen sore ke malam lebih miring harganya dibandingkan pagi ke siang.

"Penting juga disadari, jika Anda punya teman fotografer, make-up artist, atau wedding organizer, jangan segan untuk meminta bantuan mereka. Tapi, jangan sampai tidak membayar jasa mereka, ya. Masalah harga biasanya lebih miring kalau sama orang dekat," tutur Resta.

Jika cara di atas belum juga bisa menekan angka pengeluaran biaya pernikahan, maka yang bisa dilakukan lainnya adalah dengan menyicil anggaran pernikahan! Ya, ternyata beberapa wedding organizer sudah memberlakukan hal ini.

"Biasanya, calon pengantin akan membayar DP 20% dari budget yang sudah disepakati dan mereka membayar sisanya dalam rentan waktu 3 tahun. Cara ini bisa Anda lakukan di Resta Wedding Organizer," kata Resta.

So, tidak ada lagi alasan tidak bisa menikah karena belum punya uang. Sebab, faktanya adalah banyak cara menyiasati budget pernikahan yang segunung itu. Yuk, rencanakan pernikahan dari sekarang!

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini