nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masak Telur Omlet di Bekas Botol Plastik Jadi Viral, Netizen: Langsung Auto Kanker!

Rahma Yulita, Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 09:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 13 298 2029233 masak-telur-omlet-di-bekas-botol-plastik-jadi-viral-netizen-langsung-auto-kanker-V07frgbkOk.png Masak Omlet di Botol Plastik (Foto: Instagram/1000 Resep)

SEIRING berkembangnya zaman, segala hal dari berbagai aspek mulai mengalami perubahan juga. Tidak hanya dari dunia digital, hingga makanan pun terkena dampak perubahannya. Bagaimana tidak? Zaman sekarang banyak sekali makanan dengan resep atau bahkan cara memasak yang tidak biasa.

Seperti yang akan Okezone ulas kali ini, makanan dengan cara masak yang tidak biasa dan terlihat sangat simpel, namun cenderung membahayakan penikmatnya. Dikutip dari akun instagram @1001resepandalan, yang biasa memposting resep-resep viral, ini adalah salah satu resep viral yang bikin netizen heran.

Baca juga :

Di dalam video yang berdurasi kurang lebih satu menit ini menampilkan bagaimana proses pembuatan makanan yang diberi nama Omelettes Bouteille Party. Pada dasarnya, bahan-bahan yang dibuat untuk makanan ini sama dengan bahan yang digunakan untuk omelette biasa, namun prosesnya yang sedikit berbeda dan bikin orang keheranan!

View this post on Instagram

Wah Bisa dicoba Nih 💕 Kelihatannya Gurih,... ____⁣ Jangan ngiler sendirian, tag temen-temanmu 😋😋⁣ ⁣ ❤ Follow : 👉 @1001resepandalan 🍜⁣ 👉 @1001resepandalan 🍜⁣ 👉 @1001resepandalan 🍜⁣ ⁣ ⁣ ⁣📢IKLAN 🔥Jual Shampoo Anti Rontok & Penumbuh Rambut || 👉Cek IG @yukbeli.sist 🎫🎫🎫🎫🎫🎫🎫🎫🎫🎫 . . ____⁣ 🎥 Credit @chefclubtv #1001resepandalan #masakansimple #masakanpedas #anekaresepmasakan #masakankorea #resepmasakan #masakanku #masakanrumahan #masakanibu #resepmasakanindonesia #videomasakan #masakanenak #fotomasakan #resepmasakanrumahan #masakansehat #masakanrumah #masakanbanjar #masakanjawa #masakansunda #masakankampung #masakanmama #masakanindonesia #resepmasakanfavorit #masakanhariini #masakannusantara #masakanmelayu #masakansederhana #masakanpadang #doyanmasak #doyanmasakdanmakan

A post shared by 1001 Resep Andalan (@1001resepandalan) on Mar 8, 2019 at 2:40am PST

Video ini diawali dengan memasukkan beberapa butir telur ke dalam botol plastik kemudian telur tersebut dikocok di dalamnya. Setelah selesai dikocok, telur tersebut dimasukkan ke dalam botol plastik yang sudah dipotong menjadi dua bagian. Sebelum dimasukkan, botol yang sudah dipotong menjadi dua bagian itu dioleskan minyak terlebih dahulu, baru telur dimasukkan ke dalamnya.

Kemudian dilanjutkan dengan memberikan beberapa topping untuk mengisi omelettenya, seperti; paprika, potongan daging ayam, daun seledri, bacon, keju, salmon, mozarella, dan irisan daging sapi. Disinilah proses yang bikin heran mulai terjadi. Tidak seperti omelette pada umumnya yang dimasak dengan cara digoreng menggunakan minyak, omelette bouteille party ini dimasak dengan cara direbus.

Mungkin terdengar biasa saja, namun nyatanya tidak! Seperti yang telah disebutkan di atas, telur yang telah diberikan beberapa topping ini ditempatkan di botol plastik yang dipotong menjadi dua bagian. Dan ya, adonan tersebut tidak dikeluarkan dari dalam botol, melainkan dimasak sekaligus dengan botolnya! Memasaknya pun tidak menggunakan minyak, tapi malah menggunakan air.

Apa jadinya botol plastik direbus di dalam air yang mendidih?

Kita tahu bahwa botol plastik dibuat dari berbagai macam bahan kimia. Jika dihangatkan atau dipanaskan, besar kemungkinan bahan kimia yang membentuk plastik akan ikut luruh ke dalam apa yang ada di dalam botol tersebut. Hasilnya, zat kimia akan menkontaminasi dan bisa membahayakan kesehatan. Jadi jelas cara ini bisa berbahaya jika bahan kimia dari botol plastik itu tercampur ke dalam omelettenya.

Setelah videonya selesai, video ini ditutup dengan visual dari omelette boulette party yang terlihat sangat menggugah selera. Dengan bentuk yang sedang dan padat, karena terbentuk sesuai dari cetakan botol plastik, makanan ini memang menggoda dan bikin pengen icip-icip. Apalagi dengan kehadiran keju yang meleleh di dalamnya, beuh!

Tapi ternyata, dibalik visual yang bikin ngiler, banyak netizen yang tidak setuju dan malah julid melihat cara masaknya yang tidak biasa ini. Mereka yakin, dengan cara masak seperti ini bukannya bikin kenyang tapi malah bawa penyakit.

Banyak netizen yang meninggalkan komentar di bawah postingan video tersebut. Beberapa diantaranya menuliskan:

“Plastik kl dipanaskan polimernya jd monomer2 masuk ke makanan jd karsinogenik/zat pemicu kanker. Pake wadah lain aja seperti alumunium, gelas, atau bahan lain yg food grade.”

“pake botol plastik dipanaskn??? spertinya bukan ide yg bagus”

“Cancer in a Cup”

“Bagus bgt resepnya simple yah tp plis ganti medianya. Cancer ini mah bakalan😢 ttnsfer kontaminan dgn dipanaskan gitu. Nggk rekomen nggknsehat. Bahaya bgt sih mimin. Selektif dong. Makasiih resepnya but please ini nggk sehat media or wadahnya”

 Jadi, apa kamu masih ingin mencobanya?

Baca Juga : Jangan Tertukar, Ini Loh Bedanya Magic Jar, Magic Com dan Rice Cooker

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini