nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melihat Buick 1910 Tonneau, Salah Satu Mobil Tertua di Dunia

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 11:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 13 406 2029291 melihat-buick-1910-tonneau-salah-satu-mobil-tertua-di-dunia-IZYKTGg7dr.jpg

KOTA BATU - Ada satu koleksi mobil kuno menarik yang cukup langka dimiliki salah satu museum transportasi kekinian di Kota Batu, Jawa Timur. Mobil kuno Buick 1910 Tonneau menjadi koleksi tertua yang dimiliki.

Manajer Operasional Museum Angkut Endang A. Shobirin mengatakan mobil klasik Buick 1910 Tonneau selain menjadi salah satu mobil tertua di dunia saat ini dan menjadi unit langka yang masih beroperasi.

"Mobil ini menjadi koleksi tertua kita. Mobil ini diproduksi pertama pada 1904 dengan mesin katup overhead, masuk ke Museum Angkut pada tahun 2013," terang Endang.

Mobil ini dahulunya kerap digunakan masyarakat Eropa dan Amerika golongan bangsawan karena harganya yang mahal dengan kategori mobil touring.

Satu unit mobil Buick 1910 Tonneau ini dahulu bisa mencapai seharga USD900. Harga tersebut kian melonjak seiring semakin langkanya jenis mobil ini. "Ya diperkiran harganya bisa mencapai USD40.000 - USD60.000 lah untuk saat ini," tambah Endang.

Menariknya meski masih terkesan mobil kuno, mobil ini ternyata sudah menjadi mobil yang canggih di zamannya. Menggunakan mesin empat silinder dengan katup overhead push-rod didukung 2.400 CC, mobil berbahan bakar premium ini mampu menghasilkan 24 - 40 tenaga kuda dengan kecepatan mencapai 60 km per jam.

Baca Juga : Masak Telur Omlet di Bekas Botol Plastik Jadi Viral

Keunikan lan dari mobil ini ternyata lampu depan di sisi kiri kanannya menggunakan lampu minyak layaknya lampu ublik di zaman dahulu. Selain itu ada dua lampu yang menggunakan bahan karbit.

Jadi jika menyalakan lampu cukup dengan menggunakan korek api gas pada katup dalam lampunya hingga menyala.

"Kalau kendala perawatan sih belum ada, karena kita mempunyai teknisi yang handal. Hanya namanya mobil kuno mesinnya cepat overhead alias cepat panas kalau di jalankan di Jalan yang sempit seperti ini. Makanya butuh area yang luas dan lancar," bebernya.

Endang menjelaskan sengaja menjalankan mobil kuno di perayaan ulang tahun Museum Angkut yang ke - 5 ini sebagai sarana edukasi kepada pengunjung.

"Jadi sisi museum tidak hanya kendaraan dan koleksi, tapi juga bisa dipraktekkan. Ya kita ingin sebagai otomotif lifestyle-lah yang bisa mengedukasi pengunjung juga," pungkasnya.

Baca Juga : Jangan Tertukar, Ini Loh Bedanya Magic Jar, Magic Com dan Rice Cooker

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini