nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kurangi Limbah, Ibu-Ibu Bangun Rumah Botol Plastik yang Unik

Subhan Sabu, Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 20:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 13 406 2029559 kurangi-limbah-ibu-ibu-bangun-rumah-botol-plastik-yang-unik-WnHc4E4iP7.jpg Rumah Botol Plastik buatan ibu-ibu di Manado (Foto: Subhan Sabu/Okezone)

Memanfaatkan banyaknya sampah-sampah rumah tangga dan sampah perkantoran, ratusan ibu-ibu Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XVII Dim 1309/Manado Koorcab Rem 131 PD XIII/Merdeka membuat kreasi unik dari botol bekas dan limbah rumah tangga.

Sekira 250 ibu-ibu Persit yang terbagi dari enam ranting itu memanfaatkan lahan tidur yang ada di samping markas Kodim 1309/Manado dengan membuat rumah botol plastik sebagai tempat pembibitan tanaman.

 

"Kami memanfaatkan botol-botol bekas dalam lahan tidur ini sebagai upaya untuk memanfaatkan sampah rumah tangga, sampah perkantoran di lingkungan Kodim 1309 Manado, kami minimalisasi sampah itu digunakan sebagai rumah pembibitan," jelas Ketua Persit KCK Cabang XVII Dim 1309/Manado Koorcab Rem 131 PD XIII/Merdeka, Hotma Elvino Kurniawan.

 Baca Juga: Tak Disangka, Jamur Ini Bisa Jadi Obat Ampuh untuk Diabetes

Sekitar 5.388 botol bekas air mineral disusun sedemikian rupa membentuk rumah sebagai tempat pembibitan 95 jenis tanaman, baik tanaman pangan, apotik hidup maupun tanaman hias. Upaya tersebut untuk meminimalisir sampah dan digunakan sebagai rumah pendidikan dengan tujuan mengolah sampah sendiri sehingga minim untuk sampai di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

 

"Selain dari pada botol, kami juga mengolah sampah dapur yaitu sampah basah kami jadikan kompos, merupakan sampah dapur lainnya seperti akar seledri, akar daun bawan, biji cabe, biji tomat kami tanam kembali sehingga menjadi apotek hidup kemudian juga tanaman pangan yang dapat kami manfaatkan untuk rumah tangga kami sendiri," tambah Hotma.

 Baca Juga: Penasaran Mobil Pengantin Mewah Syahrini-Reino Barack? Ini Bocoran Harganya!

Menurut Hotma, konsep yang ingin dikembangkan yaitu lahan tidur diolah sehingga dapat menjadi sumber pangan bagi rumah tangga juga meminimalisasi sampah sehingga dapat mengolah sampah rumah tangga sendiri begitu juga dengan sampah perkantoran terutama botol plastik.

 

"Saat ini kami mengadakan percontohan di lahan tidur ini dengan tujuan nantinya rumah botol dan lahan tidur ini menjadi percontohan sehingga bukan hanya dikembangkan di ranting masing-masing tetapi di rumah masing-masing sehingga makin banyak rumah yang menghasilkan sampah yang minimal," pungkas Hotma.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini