nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Disangka, Jamur Ini Bisa Jadi Obat Ampuh untuk Diabetes

krjogja.com, Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 17:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 13 481 2029429 tak-disangka-jamur-ini-bisa-jadi-obat-ampuh-untuk-diabetes-IkZrG71qNT.jpg Jamur Lingzhi ampuh untuk obat diabetes (Foto: krjogja)

KELOMPOK koperasi produksi jamur merekah Yogyakarta mengenalkan kembali komoditas jamur Lingzhi. Jamur yang dipercaya memiliki banyak manfaat sebagai obat ini terus dikembangkan. caranya dengan dibudidayakan sebagai jamur ramah lingkungan dan bebas pestisida.

Namanya jamur Linzhi atau biasa dikenal dengan jamur kayu. Dipercaya oleh masyarakat dapat memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Lingzhi digambarkan sebagai jamur yang sulit dimasak, berstruktur keras dan terasa pahit. Namun, jamur Lingzhi dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Menurut Sudaryanto pengurus koperasi jamur merekah, Lingzhi merupakan jenis jamur yang sudah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional di negara-negara Asia seperti China, India dan Korea. Di beberapa negara itu jamur digunakan sebagai minuman jamu.

Dari informasi yang diperoleh KRJOGJA.com jamur ini dikembangkan oleh kelompok koperasi Produksi Jamur Merekah Yogya sejak tahun 2013."Dulu pada tahun 2013 kelompok kami sering mengekspor ke China untuk digunakan sebagai obat herbal," tutur Sudaryanto, Selasa 12 Maret 2019.

Menurut Sudaryanto untuk dapat mengonsumsi Lingzhi, harus dilakukan pengolahan sesuai dengan porsinya. "Sebenernya kalau yang mengonsumsinya kuat dimakan langsung tanpa diolah dulu juga tidak masalah karena aman bebas pestisida. Tapi jamur inikan herbal ya seperti obat mungkin kalau tanaman fungsinya seperti brotowali, rasanya pahit," katanya.

jamur linzhi

Untuk mengurangi rasa pahitnya, Sudaryanto menyarankan untuk melakukan pengolahan jamur Lingzhi sesuai porsi. Satu gelas dapat digunakan untuk 3 potong jamur kemudian direbus. Rebusan jamur Lingzhi juga bisa dipadukan dengan campuran madu, teh bahkan kopi agar terasa nikmat saat diminum.

"Berbagai jenis penyakit seperti tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, gangguan saraf, dan diabetes dapat disembuhkan oleh jamur ini. Ya karena dia jamur herbal jadi manfaatnya juga banyak ini sudah dibuktikan oleh orang dulu," tambahnya.

Sementara itu kelompok koperasi jamur merekah juga mengembangkan jenis jamur lainnya seperti tiram dan jamur kuping. Menurutnya keberadaan koprasi jamur merekah di Yogyakarta sudah tersebar diberbagai Kecamatan diantaranya Desa Sidomulyo Bantul, Bambang Lipuro, Kota Giwangan (pusat pengembangan) Umbulharjo, Sapon Kecamatan Lendah Kulon Progo dan Maguwoharjo Sleman.

Sementara itu, mereka juga mengolah beberapa aneka makanan jamur seperti jamur tiram krispi, bubur jamur tiram, nugget jamur tiram dan pepes jamur tiram.

"Kita ingin masyarakat Yogya itu tidak kesulitan mengonsumsi jamur, oleh karenanya kami berusaha menyebar di beberapa titik, selanjutnya Gunungkidul target kami," katanya.

Baca Juga : Jangan Tertukar, Ini Loh Bedanya Magic Jar, Magic Com dan Rice Cook

Koperasi jamur merekah hadir dalam acara Pertanian dan Pangan Kota Yogya di Lapangan Balai Kota sejak 10 Maret 2019. Diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta. Lewat kegiatan ini koperasi jamur merekah juga mendapat dukungan dari Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi lewat tulisanya di dalam daftar tamu. 

"Lanjutkan terus maju agar membawa manfaat," tulisnya. Pameran pertanian diharapkan bisa mendorong dan menginspirasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang ada untuk kegiatan pertanian ataupun peternakan. (Hel)

Baca Juga : Masak Telur Omlet di Bekas Botol Plastik Jadi Viral

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini