nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peduli Kanker Serviks, Cinta Laura dan Yuki Kato Giatkan Vaksinasi HPV

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 19:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 13 481 2029600 peduli-kanker-serviks-cinta-laura-dan-yuki-kato-giatkan-vaksinasi-hpv-pnPFo0fc71.jfif Cinta Laura saat melakukan vaksin HPV (Foto: Pradita Ananda/Okezone)

RASANYA kita semua setuju, bahwa yang namanya penyakit kanker menjadi momok menakutkan bagi semua orang. Tua, muda, pria, maupun wanita. Termasuk di dalamnya penyakit kanker serviks.

Tahukah Anda, data GLOBOCAN 2018 menunjukkan kematian yang diakibatkan oleh kanker serviks mencapai angka 18.279 per tahunnya. Di mana dengan data ini artinya sebanyak 50 perempuan Indonesia meregang nyawa setiap harinya karena kanker yang terjadi di daerah serviks (leher rahim), bagian bawah rahim yang menghubungkan rahim dan vagina ini.

Tingginya angka di atas secara langsung memperlihatkan bahwa memang kurangnya upaya pencegahan dan kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan sejak dini.

 Baca Juga: Catat, Pola Hidup Seperti Ini Sebabkan Gagal Ginjal

Padahal, ada loh tindak pencegahan yang bisa dilakukan untuk melindungi diri terpapar penyakit yang disebutkan oleh WHO sebagai beban penyakit terbesar akibat HPV ini. Salah satunya ialah dengan melakoni vaksinasi HPV.

Pentingnya vaksinasi HPV ini lah yang tengah giat digalakkan oleh dua aktris cantik dan terkenal, Cinta Laura dan Yuki Kato. Dua sosok aktris muda berbakat satu ini, pada hari ini, Rabu (13/3/2019) diketahui menjalani tindak vaksinasi HPV langsung di hadapan para awak media.

 

Sebagaimana pantauan Okezone langsung di lapangan, Cinta tampak begitu santai dan berani saat menjalani proses penyuntikan. Dalam kesempatan yang sama, dara kelahiran 17 Agustus ini mengatakan bahwa salah satu tujuannya mau divaksin HPV di muka umum ini ialah untuk mengajak para perempuan Indonesia agar lebih peduli dan mau melindungi diri dari kanker serviks, salah satunya dengan vaksinasi HPV.

“Saya sangat menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan kita. Maka dari itu saya berani untuk mengambil langkah ini, menunjukkan tindakan nyata pencegahan kanker serviks dengan melakukan vaksinasi HPV. Cinta mau kasih contoh kepada wanita Indonesia kalau vaksin HPV ini penting banget, karena siapapun bisa kena,” papar Cinta saat ditemui Okezone, Rabu (13/3/2019) dalam acara “Perempuan Aktif dan Mandiri Tanpa Kanker Serviks” di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat.

 Baca Juga: Simpan Spageti Berhari-Hari, Pria Ini Tewas Kena Bakteri Bacillus Cereus

Senada dengan Cinta, Yuki Kato dalam kesempatan yang sama juga menegaskan betapa pentingnya untuk kaum perempuan melakukan vaksinasi HPV sebagai upaya pencegahan dini, selain melakukan skrining atau pemeriksaan sejak awal.

“Buat aku ini tuh, good investment. Ini buat jangka panjang. Antisipasi itu enggak ada salahnya, dan yang baru bisa dicegah kan kanker serviks dengan vaksinasi HPV ini. Jadi ya kenapa enggak kita cegah. Saya harap langkah yang saya ambil hari ini bersama KICKS dapat menggerakan perempuan lainnya untuk segera vaksinasi HPV, melindungi diri dari bahaya kanker serviks,” imbuh Yuki.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini