nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Tanda jika Urine Berbau Tak Sedap, Nomor 7 Paling Gawat!

Amanda Rahmadianti Syafira, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 09:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 13 481 2029629 7-tanda-jika-urine-berbau-tak-sedap-nomor-7-paling-gawat-AbaxlgmVOE.jpg Ini tanda-tanda mengkhawatirkan seputar aroma urine (Foto: Thesun)

KESEHATAN yang baik adalah tentang menjaga keadaan alami tubuh. Anda harus tahu apa yang normal terjadi pada tubuh, termasuk aroma urine yang rupanya tak bisa dianggap remeh. Jika ada sesuatu yang ganjal, semisal aromanya tak sedap atau bahkan cenderung harum, pasti ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh.

Seperti dilansir TheSun, Kamis  (14/3/2019). Berikut adalah 7 faktor yang mungkin memengaruhi perubahan bau pada urine:

 BACA JUGA : 5 Potret Kemesraan Aura Kasih dengan Suami, Bikin Keki Para Jomblo Nih

1. Pengaruh makanan


Asparagus dapat membuat urine berbau busuk, sama seperti sayuran lainnya yaitu kol, kembang kol, jengkol, petai dan bawang putih. Diyakini bahwa asparagus, mengandung asam asparagusic yang diuraikan oleh tubuh kita menjadi senyawa sulfur.

2. Terlalu banyak minum kopi

Secangkir kopi pagi Anda bisa memengaruhi kencing Anda dan juga energi Anda. Saat kita mengganti air dengan kopi, urine kita mungkin akan mulai berbau kafein.

 

3. Tanda dehidrasi

Kita tahu bahwa ketika kurang minum, kencing menjadi lebih gelap warnanya dan baunya juga menjadi lebih menyengat. Karena itu, urine Anda mungkin paling bau saat pagi hari, karena Anda sudah delapan jam tanpa minum air. 

Karena itu ada baiknya jika begitu bangun tidur, langsung minum segelas air putih untuk mengganti cairan yang hilang selama tidur. 

4. Sedang dalam pengobatan

Beberapa obat-obatan dapat memengaruhi bau urine kita. Dr. Marc Laniado, seorang ahli urologi di Doctify, mengatakan kepada Woman's Health: "Beberapa obat di kelas sulpha, yang juga dikenal sebagai sulphonamides, dapat membuat bau urine menjadi tidak sedap. Sulphonamides digunakan untuk pengobatan infeksi dan epilepsi."

5. Anda menderita infeksi

Infeksi Saluran Kemih (ISK) bisa sangat menyakitkan pada alat kelamin. Dan bisa membuat urine Anda menimbulkan bau yang menjijikan sekalipun Anda tidak peduli dengan bau tersebut. Pergi ke dokter umum dan dapatkan beberapa antibiotik.

 

6. Punya Fistula

"Kadang-kadang, hubungan abnormal antara usus dan kandung kemih yang disebut fistula dapat membuat urine berbau busuk serta menyebabkan infeksi urine," jelas Dr Laniado.

 BACA JUGA : Nagashi Somen, Tradisi Menangkap Mi yang Meluncur di Atas Bilah Bambu dengan Sumpit

7. Menderita diabetes


Ada banyak gejala diabetes yang harus diwaspadai. Kencing yang berbau manis adalah salah satunya. urine dapat berbau harum karena diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi pada gula darah yang tidak terkontrol. Jika Anda juga merasa haus terus-menerus, Anda sakit kepala dan harus sering buang air kecil, segera buat janji dengan dokter. 

Seperti yang kami katakan, ini semua tentang hal penting mengetahui apa yang normal terjadi pada tubuh Anda. Sekali lagi, jika urine Anda berbau sangat busuk dan semua hal di atas tidak anda alami, inilah saatnya Anda untuk pergi ke dokter.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini