nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terlihat Seperti Gurita Asli, Bahan yang Digunakan Ini Bikin Anda Terkejut

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 21:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 13 612 2029570 terlihat-seperti-gurita-asli-bahan-yang-digunakan-ini-bikin-anda-terkejut-50en4W142f.jpg Karya seni terinspirasi dari gurita (Foto: Instagram)

Karya seni tidak hanya lahir dari goresan cat air di atas kanvas. Ada banyak media yang dapat digunakan untuk menghasilkan karya seni bernilai tinggi. Salah satunya media kertas yang digunakan oleh seorang artis wanita asal Jepang, Masayo Fukuda.

Nama Fukuda sebetulnya tidak asing lagi di industri seni internasional. Sudah lebih dari 25 tahun ia berkecimpung di dunia yang dipenuhi dengan imajinasi dan ide-ide kreatif ini. Fukuda sendiri menekuni seni Paper Cutting atau memotong kertas hingga membentuk objek-objek menarik.

Karyanya yang paling populer dan sempat viral di berbagai media sosial adalah Octopus (gurita). Sekilas, tampilannya memang terlihat seperti bentuk asli gurita dengan detail-detail yang sangat memukau.

 Baca Juga: Intip 5 Gaya Seksi Pinit Ngarmpring, Transgender Pertama yang Dicalonkan Jadi Perdana Menteri

Selidik punya selidik, untuk membuat karya seni ini, Fukuda menggunakan kertas ukuran A2 dan menghabiskan waktu kurang lebih 2 bulan.

Bagi sebagian orang mungkin jangka waktu tersebut terbilang panjang jika hanya digunakan untuk membuat satu karya seni. Tapi percayalah, ketika melihat karya seni paper cutting milik Fukuda, Anda akan dibuat terkagum-kagum melihat detail-detail yang ia suguhkan.

 

Menilik video yang diunggah oleh My Modern Met, tingkat kesulitan yang dilalui Fukuda untuk membuat sebuah karya seni memang tidak main-main. Selain merancang sendiri sketsa gambarnya, Fukuda harus memotong kertas secara perlahan dan penuh hati-hati.

 Baca Juga: Hamil 5 Bulan Aura Kasih Ngidam Main dengan Hewan, Salah Satunya Ular Piton!

Mau tidak mau ia harus melatih kesabaran dan keseimbangan tangannya. Salah sedikit, maka ia harus mengulang dari awal.

Peralatan yang ia gunakan pun sebetulnya sangat sederhana. Ia hanya membutuhkan kertas putih berukuran A2 atau disesuaikan dengan ukuran objek yang hendak ia ukir. Kemudian, Fukuda menggunakan sebuah pisau khusus dan senter kecil sebagai penerangan. Proses pembuatannya sendiri dilakukan di atas sebuah cutting mat.

 

Selain gurita, Fukuda juga menciptakan karya seni yang terinspirasi dari hewan-hewan lain. Di antaranya adalah paus bungkuk, dan ubur-ubur.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini