nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan karena Hubungan Seks, Ini 2 Penyebab Miss V Jadi Longgar

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 03:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 14 485 2030151 bukan-karena-hubungan-seks-ini-2-penyebab-miss-v-jadi-longgar-FXIT4upB8v.jpg Ini yang membuat Miss V jadi longgar (Foto: Sheknows)

BANYAK mitos yang berkaitan dengan hubungan seks. Salah satunya adalah Miss V yang renggang menandakan perempuan tersebut sering berhubungan seks. Padahal nyatanya tidak demikian.

Miss V terdiri dari jaringan elastis yang dapat merenggang namun tetap mempertahankan bentuk aslinya. Hubungan seks memang dapat merenggangkan Miss V tapi itu hanya berlangsung sementara. Perenggangan terjadi lantaran mengakomodasi ukuran dan bentuk apapun yang masuk ke Miss V seperti Mr P maupun mainan seks. Setelah berhubungan seks, otot-otot Miss V akan berkontraksi dan kembali ke ukuran asli.

 BACA JUGA : Obati Obesitas dengan Operasi Bariatrik, Apakah Itu?

Perenggangan paling lebar pada Miss V terjadi ketika perempuan melakukan hubungan seks untuk pertama kali. Menurut ginekolog Alyssa Dweck, MD hal itu dikarenakan sebelum seorang perempuan melakukan hubungan seks, lubang Miss V ditutupi oleh selaput tipis yang disebut selaput dara.

 

"Selaput dara secara alami robek setelah Miss V ditembus dengan sesuatu yang keras seperti penis. Dengan begitu penis atau benda lain dapat lebih mudah masuk ke vagina. Tapi selaput dara juga dapat rusak karena penggunaan tampon atau karena bermain olahraga. Namun bukan berarti saluran Miss V akan lebih besar atau lebih longgar setelah selaput dara pecah," ujar Alyssa seperti yang dikutip Okezone dari This Is Insider, Jumat (15/3/2019).

Di sisi lain, Miss V tetap bisa menjadi kendur tapi karena faktor-faktor alamiah yaitu melahirkan dan penuaan. Pada saat persalinan normal, kepala bayi akan menekan dasar Miss V. Hal itu dapat menyebabkan perenggangan dapat terjadi secara permanen. Beruntung latihan kegel secara dapat membantu mengencangkan Miss V kembali. Selain itu, kini telah ada pilihan vaginal rejuvenation yang dapat membuat otot-otot Miss V berkontraksi sehingga mengembalikan ukuran semula.

 BACA JUGA : Luar Biasa, Marbot Ini Fasih Bicara dalam 7 Bahasa Asing

Selanjutnya, proses penuaan alami dapat menyebabkan Miss V menjadi kendur karena kulit kehilangan elastisitasnya. Perubahan ini terjadi setelah menopause. Ada cara untuk membantu mencegah perenggangan Miss V karena penuaan yaitu menggunakan gel pelembap Miss V. Pelembap ini bisa digunakan 2-3 kali seminggu apabila Miss V kering.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini