nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk Intip Starterpack Tanggal Tua ala Netizen, Bikin Ngakak?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 14:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 14 612 2029882 yuk-intip-starterpack-tanggal-tua-ala-netizen-bikin-ngakak-EYPagNKFAC.jpg Starterpack tanggal tua ala netizen (Foto: @makmummasjid/Instagram)

Menjelang akhir bulan alias tanggal tua, netizen Indonesia mulai mencari cara-cara ampuh untuk bertahan hidup. Mulai dari menghemat pengeluaran dengan mengonsumsi mi instan, hingga menonaktifkan media sosial agar tidak tergoda membeli barang-barang di online shop.

Namun apakah cara tersebut benar-benar ampuh untuk menghemat pengeluaran? Eits, tunggu dulu, selebtwit dengan user, @makmummasjid, ternyata punya cara yang lebih jitu buat kalian yang sudah berada di ujung tanduk. Pria bernama asli Renne Nessa Ando itu menyebutnya dengan istilah, ’menunggu gajian starterpack’.

Daripada penasaran, yuk simak langsung ulasan lengkapnya, Kamis (14/3/2019).

Mobile banking

Sembari menunggu gajian, tidak ada salah mengecek saldo tabungan melalui M-Banking. Ya, meski jumlahnya tidak akan bertambah, dengan cara ini kamu bisa lebih berhati-hati ketika ingin nongki cantik bersama rekan kerja. Jangan asal gesek atau pakai debit ya, kalau saldo hanya cukup untuk beli nasi rames di warteg.

mobile banking

Kalkulator

Nah, menjelang tanggal tua, kalian harus bersahabat dengan aplikasi yang satu ini. Kalkulator sangat bermanfaat untuk menghitung total biaya pengeluaran kamu sebelum gajian tiba. Misalnya dipakai untuk menjumlahkan total biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli mi instan setiap hari, atau biaya transportasi ojek online yang jadi andalanmu. Rajin-rajin dibuka ya sobat netizen!

kalkulator

Promo

Tips ampuh selanjutnya adalah mencari promo-promo menarik yang ditawarkan oleh perusahaan makanan, atau penyedia jasa ojek online yang biasanya memberikan diskon menarik di akhir bulan. Caranya? mudah banget. Kamu tinggal tulis kata kunci ‘promo bulan Maret’ di mesin pencari Google, lalu telusuri promo-promo yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Mudah bukan?

Promo

Bantuan teman

Cara terakhir sebetulnya membutuhkan keberanian yang sangat tinggi, sekaligus mempertaruhkan reputasi kamu di mata para sahabat. Sudah bisa ditebak donk apa yang harus kamu lakukan?

Ya, satu-satunya jalan terakhir ketika kamu sudah kehabisan uang adalah meminjam dana segar ke sahabat. Ingat, pinjamlah uang kepada teman atau sahabat yang benar-benar dekat dengan kamu. Jika sahabatmu berbaik hati meminjamkan uang, segera ganti ketika gaji sudah masuk ke saldo tabungan. Jangan buat mereka kehilangan kepercayaan.

bantuan teman

Kamu sendiri yang rugi kalau sewaktu-waktu membutuhkan bantuan mereka lagi. Selamat bertanggal tua, Okezoners!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini