nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Jago Baca Kartu Tarot? Ini Persyaratannya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 12:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 15 196 2030349 mau-belajar-baca-tarot-perhatikan-hal-ini-agar-tidak-dicap-pembaca-abal-abal-Omg0XaP0Nk.jpg Belajar Membaca Kartu Tarot (Foto: Okezone)

PUNYA ketertarikan lebih pada kartu tarot? Jangan biarkan rasa keingintahuan itu meredup karena Anda merasa tidak bisa. Percaya atau tidak, tarot bisa dipelajari oleh siapa pun. Asal ada niat. Tarot sendiri merupakan sekumpulan kartu berjumlah 78 lembar yang umumnya digunakan untuk kepentingan spiritual atau ramalan nasib. 22 kartu disebut Arcana Mayor dan 56 kartu disebut Arcana Minor.

Set tarot yang paling terkenal adalah Tarot Rider-Waite-Smith yang diciptakan A.E. Waite dan ilustrator Pamela Colman Smith. Dokumen sejarah mengindikasikan kalau tarot berasal dari Italia. Sampai saat ini, pembacaan ramalan dengan tarot masih populer tak terkecuali di Indonesia.

Mungkin Anda salah satu yang sedang tertarik mempelajari ilmu yang satu ini? Jika iya, mungkin Anda masih bingung hal apa yang harus diperhatikan sebelum akhirnya benar-benar mendalami tarot.

Baca juga :

Secara khusus, Tarot Reader Professional Elisabet Kusumodewi membeberkan beberapa hal yang mesti dipahami pembaca tarot pemula. Apa saja? Perempuan yang biasa disebut Dewi ini menegaskan kalau dirinya percaya semua orang bisa membaca tarot. Hal penting pertama tentunya niat dan kemauan.

"Ini sudah saya buktikan dengan 3 kali workshop yang saya buat. Pada awalnya, mereka benar-benar belum kenal kartu tarot. Tapi, sampai sekarang sudah ada beberapa peserta workshop saya yang menjadi profesional tarot reader," paparnya saat ditemui Okezone di iNews Tower, Kamis (14/3/2019).

Selanjutnya, yang mesti diperhatikan jika Anda ingin bisa membaca tarot adalah jangan terjebak pada teori. Jadi, Anda jangan terlalu terpaku pada makna di balik kartu dan teori yang ada di dalamnya.

"Ambil pesan yang ada pada kartu lalu ikuti intuisi. Percaya atau tidak, semesta yang akan mengarahkan," sambung Dewi.

Anda juga mesti sadar kalau tarot ini adalah ilmu yang bisa dipelajari. Ada manual book, ada teori dari masing-masing jenis kartu, dan ada makna dari setiap gambar.

Untuk Anda yang bingung memulainya dari jenis kartu yang mana, Dewi menyarankan pilih kartu Tarot Rider-Waite-Smith (RWS). "Itu banyak dijual di Indonesia. Ini kartu tarot paling basic," singkatnya.

Sementara itu, kepekaan dalam membaca gambar juga menjadi penting bagi seorang tarot reader. Sebab, gambar yang keluar merepresentasikan bagaimana energi orang yang lagi mau dibaca.

"Dari kartu apa yang dipilih, itu lah energi yang ingin dia sampaikan dan pembaca tarot membutuhkan kepekaan agar bisa menyampaikan makna dan pesan apa yang bisa menjawab keresahan orang yang dibaca. Makanya, menurut saya, kepekaan dalam mengartikan gambar itu penting. Semesta akan membantu mengartikan semuanya," tambah Dewi lantas tersenyum.

So, mau belajar membaca tarot?

(ren)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini