nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Tips Ampuh Atasi Insomnia, Dijamin Tidur Nyenyak!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 17:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 15 481 2030422 10-tips-ampuh-atasi-insomnia-dijamin-tidur-nyenyak-xBOU4j3DbR.jpg 10 tips ampuh atasi insomnia (Foto: Familydoctor)

PERNAHKAH Anda mengalami sulit tidur pada malam hari? Jika ya, itu tandanya Anda mengalami insomnia. Tentunya penyakit ini bisa mengganggu kesehatan dan membuat keseharian Anda menjadi tidak produktif.

Kurang tidur atau beristirahat pada malam hari, tidak dapa menghilangkan rasa lelah, justru hal ini bisa membuat Anda menjadi kehilangan fokus. Selain itu kurang tidur juga bisa membuat seseorang menjadi obesitas, gangguan jantung dan diabetes.

Dalam keadaan normal seseorang membutuhkan waktu tidur sekira delapan jam sehari. Tentunya bagi beberapa orang, sangat sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang proporsional. Nah, bagi kalian yang mengalami insomnia, Okezone akan membagikan tipsnya sebagaimana dilansir Mirror.

 BACA JUGA : Intip Gaya Boyish Lisa BLACKPINK yang Bikin Fans Makin Sayang

1. Atur waktu tidur

Untuk mendapatkan jam tidur yang ideal, Anda tentunya harus bersikap dispilin. Biasakan diri Anda secara tertib, kapan waktunya tidur dan saat yang tepat untuk bangun di pagi hari.

2. Jadikan hal tersebut rutinitas

Agar Anda terbiasa dengan hal ini, ada baiknya membuat waktu Anda sebagai rutinitas sehari-hari. Seperti kapan Anda bangun pagi, mandi air hangat dan menyikat gigi.

 

3. Ciptakan ruang yang tenang

Tentunya agar bisa tidur dengan nyenyak, maka seseorang harus memiliki sebuah kamar yang menenangkan. Ciptakanlah lingkungan yang tenang dan singkirkan semua benda yang berbunyi. Anda juga bisa menggelapkan kamar tidur supaya bisa beristirahat dengan nyenyak.

4. Membuat catatan

Selain berusaha, Anda juga perlu bersyukur setiap harinya. Tidak ada salahnya unruk membuat sebuah catatan tentang apa yang Anda syukuri setiap hari.

 

5. Lakukan yoga ringan

Tidak ada salahnya untuk melakukan yoga ringan atau qi gong sebelum tidur. Melakukan hal ini dapat membantu tubuh Anda menjadi rileks dan mengurangi ketegangan.

6. Matikan gadget Anda

Mematikan gadget yang ada di sekeliling Anda merupakan salah satu resep seseorang bisa tidur dengan nyenyak. Sekiranya satu jam ketika hendak tidur, matikanlah gadget. Cahaya biru yang dihasilkan dapat menipu pikiran dan menganggapnya itu adalah siang hari.

7. Meditasi

Bermeditasi sekira 10 menit sebelum tidur bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Hal ini bisa melepas semua beban dalam diri yang membuat Anda terjaga pada malam hari.

 

8. Atur napas

Mungkin ini merupakan hal yang paling sederhana untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengatur napas dalam-dalam secara perlahan dan mengulangi hal tersebut. Bernapas dengan baik dapat mengurangi detak jaunting dan membantu merilekskan tubuh Anda.

9. Kurangi konsumsi kafein

Kafein dipercaya bisa membuat Anda tetap terjaga pada malam hari. Oleh sebab itu ada baiknya, kurangi konsumsi makanan berkafein beberapa jam sebelum tidur.

 BACA JUGA : Napak Tilas Gadis 5 Tahun Bermata Silver Super Langka, Sering Dipanggil Monster!

10. Jangan gelisah

Jika Anda khawatir tidak bisa tidur, sebaiknya pergi ke ruangan lain dan coba alihkan perhatian Anda dengan hal lain. Hal ini bisa digunakan untuk menghilangkan sugesti Anda sebelum kembali tidur.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini