nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bisakah Mengetahui Keperawanan Wanita Lewat Ciri Fisiknya?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 16 Maret 2019 08:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 15 485 2030654 bisakah-mengetahui-keperawanan-wanita-lewat-ciri-fisiknya-ERLMInexVV.jpg Keperawanan wanita bisa dilihat dari fisiknya? (Foto:Ilustrasi)

BEBERAPA waktu lalu, masyarakat Indonesia sempat dihebohkan dengan wacana uji keperawanan bagi mereka yang hendak mendaftar di kepolisian dan beberapa institusi lainnya. Kebijakan ini sontak menimbulkan pro dan kontra di kalangan pejabat maupun masyarakat.

Alhasil, timbul lah kekhawatiran bagi para calon anggota kepolisian yang beranggapan bahwa keperawanan adalah ranah pribadi yang seharusnya tidak diutak-atik oleh pemerintah sekali pun.

Kekhawatiran mereka bukan tanpa alasan. Sejak wacana uji keperawanan terkuak oleh awak media, banyak masyarakat yang mulai bertanya-tanya, bagaimana cara membuktikan seorang perempuan masih perawan? Apakah bisa dilihat dari kondisi fisiknya? Hal ini juga tidak terlepas dari mitos-mitos yang sudah lama berkembang di tengah masyarakat Indonesia.

Berdasarkan hasil penelusuran Okezone dari berbagai sumber, Sabtu (16/3/2019), ternyata tidak ada tanda-tanda atau kondisi fisik tertentu yang bisa dijadikan indikator, apakah seorang perempuan belum pernah berhubungan seksual (perawan) atau tidak.

Baca Juga:

Napak Tilas Gadis 5 Tahun Bermata Silver Super Langka, Sering Dipanggil Monster!

Foto Syur Bintang Porno Hitomi Tanaka, Foto Nomor 1 Bikin Pria Gak Tahan!

Bahkan, para ahli belum menemukan landasan ilmiah untuk membenarkan mitos-mitos seputar keperawanan. Banyak orang yang percaya bahwa keperawanan bisa dilihat dari kondisi selaput dara seseorang. Jika masih utuh, berarti keperawanannya masih terjaga dengan baik.

 

Tapi tunggu dulu, tak sedikit perempuan yang memiliki selaput dara berukuran kecil sehingga sangat mudah sobek. Selaput dara bisa sobek kapan saja dan di mana pun. Misalnya saat sedang berolahraga, naik sepeda, berhubungan seks, jatuh, dan kemungkinan-kemungkinan lainnya.

Mitos lain menyebutkan, perempuan yang masih perawan cenderung mengalami pendarahan saat melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya. Faktanya, selaput dara yang sobek tidak selalu menyebabkan pendarahan. Dalam beberapa kasus memang terkadang terjadi pendarahan ringan, tapi seringkali hal ini tidak disadari sama sekali.

Namun perlu diketahui, beberapa perempuan memiliki selaput dara yang tebal. Dalam arti lain, jika terjadi kerusakan akan menyebabkan pendarahan. Jadi untuk mengetahui keperawanan seseorang tidak bisa dilihat dari kondisi fisik mereka saja.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini