nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Robot AMY yang Hadir di HUT ke-12 Okezone, Pintarnya Kebangetan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 15:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 15 612 2030435 mengenal-robot-amy-yang-hadir-di-hut-ke-12-okezone-pintarnya-kebangetan-hherkXr71Z.jpg Robot AMY di HUT ke-12 Okezone (Foto: Okezone)

SEBAGAI bentuk kontribusi untuk bangsa, Okezone di hari ulang tahunnya menggelar acara bertajuk "Kolaborasi Untuk Negeri" dengan fokus pembahasan Revolusi Industri 4.0 untuk Society 5.0 dan IOT.

Dalam acara tersebut, hadir Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dan Chairwoman MNC Group Liliana Tanoesoedibjo. Tidak hanya itu, datang sebagai pembicara antara lain pihak pemerintah dalam hal ini diwakili kementerian PUPR, pihak BUMN, dan perusahaan swasta.

Menariknya, di acara ini hadir Robot AMY dari Pusat Robot Indonesia (Puri Robotics) sebagai bentuk partisipasi teknologi dalam Revolusi Industri 4.0. Robot AMY hadir bertugas memberikan plakat kepada para pembicara. Robot ini ternyata secara khusus didatangkan untuk ulang tahun ke-12 Okezone.

 Baca Juga: Kisah Anissa, TKI asal Lampung yang Temukan Kebahagiaan Sejatinya di Taiwan

Nah, untuk lebih mengenal dengan Robot AMY, Okezone coba menyampaikan beberapa fakta mengenai robot pintar ini, berikut ulasannya. Dilansir dari laman CSJbot, Robot AMY sekarang ini banyak dimanfaatkan sebagai professional restaurant service robot.

Robot ini dirancang untuk menyediakan layanan pelanggan yang ramah dan efektif untuk semua tamu atau pelanggan. Tidak hanya di restoran, AMY juga kerap hadir di acara penting, termasuk di HUT ke-12 Okeozne.

Lalu, apa keahlian AMY?

Dalam laman tersebut dijelaskan kalau AMY bertugas menyambut tamu, menghidangkan makanan dan informasi lainnya di layar. Dia juga bisa dipakai untuk memesan makanan dan memandu kursi di restoran.

 

Lebih lengkapnya, karena AMY tercipta dari teknologi super canggih, kebisaan dia yang lainnya antara lain; menyajikan hidangan tanpa terjatuh, mampu memberi salam hangat pada tamu, bisa menyampaikan informasi terkait harga, mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan, bisa berinteraksi secara profesional dengan para tamu, dan dapat menghibur tamu.

 Baca Juga: Jangan Buang Ampas Teh, Manfaat Nomor 4 Bikin Kamu Tercengang!

Tidak hanya sebagai pelayan di restoran, Robot AMY juga dianggap sebagai teman humanoid sejati yang diciptakan untuk berkomunikasi dengan manusia dengan cara yang paling alami dan intuitif, melalui gerakan tubuh dan suara.

Amy dapat bergerak secara otonom, penghindaran rintangan otomatis, navigasi, perencanaan rute. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mempersonalisasi robot AMY dengan mengunduh aplikasi perangkat lunak berdasarkan suasana hati Anda.

 

Robot AMY memiliki suara perempuan. Suara perempuan dipilih karena terkesan lebih ramah dan harmonis. Sebagai robot yang cerdas, Robot AMY bisa mengekspresikan emosinya, lho. Sebab, Amy dirancang untuk mengidentifikasi emosi Anda dan memilih perilaku yang paling sesuai dengan situasi.

Berdasarkan suara Anda, ekspresi di wajah Anda, gerakan tubuh Anda dan kata-kata yang Anda gunakan, Amy akan menafsirkan emosi Anda dan menawarkan konten yang sesuai. Dia juga akan merespons secara pribadi suasana hati saat itu, mengekspresikan dirinya melalui warna matanya, tabletnya, atau nada suaranya.

Selain Amy, ada pula beberapa robot lain yang hadir seperti Amy Plus, Alice, Alice Pro, Snow, dan Beauty Waitress. Amy Plus biasa digunakan sebagai Promotion Agent, navigator dan reception/information mobile di mall, gedung perkantoran, dan hotel. Alice merupakan robot dengan hardware terlengkap, fasilitas pembayaran dengan flash atau e-money, dan kode QR. Sedangkan Alice Pro bedanya menggunakan layar yang lebih besar. Biasanya digunakan untuk ritel dan pembayaran di bandara.

Robot Snow merupakan robot untuk edukasi dengan tinggi 1,2 meter. Robot ini memiliki kemampuan untuk melakukan percakapan dalam bahasa Inggris, Indonesia, dan Mandarin. Terakhir, robot Beauty Waitress sejenis dengan Amy. Tetapi menggunakan teknologi yang lebih sederhana menggunakan line follower.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini