nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Mahasiswa Diciduk saat Main PUBG, Gara-Gara Cheat?

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 18:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 15 612 2030457 10-mahasiswa-diciduk-saat-main-pubg-gara-gara-cheat-MHzHzPE5Bh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEHADIRAN game online yang semakin pesat dari hari ke hari, sejatinya memang harus disikapi dengan bijaksana. Jika tidak teliti, bermain game online bisa mendatangkan kerugian untuk diri sendiri.

Tengok saja seperti yang baru saja dialami oleh 10 mahasiswa di Gujarat, India. Para mahasiswa ini ditangkap oleh petugas kepolisian India karena asyik bermain games PUBG, permainan di ponsel pintar yang sangat populer saat ini, bunyi laporan Channelnewsasia, Jumat (15/3/2019).

PUBG atau PlayerUnknown's Battlegrounds, sendiri adalah jenis permainan yang dibuat oleh perusahaan Korea Selatan Bluehole Inc. Secara gratis dapat diunduh dan merupakan bagian dari genre Battle Royale yang sangat populer, dengan konsep 100 player bertempur sampai mati.

Baca Juga: Intip Keharmonisan Rumah Tangga Syahrini-Reino Barack Jadi Orangtua 3 Anak

Penangkapan 10 mahasiswa di wilayah ini bukan lantaran mereka menggunakan cheat di game tersebut, tapi karena pemerintah setempat memberlakukan larangan bermain PUBG sejak pekan lalu, karena adanya kekhawatiran tentang dampaknya pada sikap perilaku dan bahasa dari para orang-orang yang yang memainkannya, terutama para generasi muda.

“Karena permainan ini, pendidikan anak-anak dan remaja terpengaruh dan itu mempengaruhi sikap tindakan, perilaku, ucapan, dan perkembangan anak-anak dan remaja," ungkap inspektur polisi VS Vanzara.

Meski sempat ditahan, namun 10 mahasiswa tersebut dibebaskan dengan jaminan dengan tetap diberikan peringatan di hari yang sama.

Baca Juga: Kisah Anissa, TKI asal Lampung yang Temukan Kebahagiaan Sejatinya di Taiwan

Lantas, kenapa game PUBG ini dilarang di sebagian wilayah India? Menteri di negara bagian Goa pesisir menyebut, kehadiran permainan PUBG tidak ubahnya seperti kehadiran setan di setiap rumah.

Sementara itu, seorang pejabat polisi lainnya, Rohit Raval, mengatakan kepada surat kabar Indian Express bahwa permainan PUBG ini punya sifat yang sangat adiktif alias ketagihan.

Contohnya, bisa dilihat di mana ketika didekati oleh petugas polisi, orang-orang tersebut tidak sadar telah didekati oleh polisi karena terlalu asyik dan tenggelam dalam permainan tersebut.

(mrt)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini