nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sate Buntel, Kuliner Khas Solo Rekomendasi Ganjar Pranowo

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 16 Maret 2019 16:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 16 298 2030879 sate-buntel-kuliner-khas-solo-rekomendasi-ganjar-pranowo-ClkQo0VNap.jpg Sate Buntel khas Solo (Foto: ganjar_pranowo/Instagram)

BUKAN rahasia lagi bahwa Indonesia menyimpan begitu banyak warisan budaya, yang salah satunya terwujud dalam bentuk warisan kuliner. Mengingat Indonesia terdiri dari begitu banyak daerah, maka tidak heran kuliner khas Indonesia begitu banyak ragamnya karena masing-masing daerah punya masakan khasnya sendiri-sendiri.

Nah sore ini mari kita bertandang ke Solo, Jawa Tengah. Menengok salah satu kuliner khasnya, yang mana seperti hasil pantauan Okezone, Sabtu (16/3/2019) direkomendasikan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melalui akun Instagram pribadinya (ganjar_pranowo) melalui sebuah tayangan video singkat.

 Baca Juga: Serunya Cooking Class dengan Digital Rice Cooker Bersama Chef Axhiang Lee

Soal kuliner khas Solo, Ganjar salah satunya merekomendasikan hidangan sate daging kambing yang dinamakan Sate Buntel. Pada keterangan yang ia tulis sebagai caption video, sate buntel ini bukanlah sate dibuntel namun dinamakan demikian karena memang bentuknya seperti buntelan.

“Di Solo ada namanya sate buntel. Bukan sate dibuntel, tapi memang bentuknua seperti buntelan. Khasnya makanan-makanan Solo adalah manis, makanya ini kecapnya banyak sekali. Tongsengnya juga lumayan manis,” tulis Ganjar.

 

Walau cita rasanya aslinya memang begitu manis, mengingat pemakaian kecap manis yang tidak sedikit. Namun masih dalam video yang sama, Ganjar sedikit membocorkan kalau seleranya pribadi lebih suka menyantap sate buntel yang tidak terlalu banyak menggunakan kecap manis.

 Baca Juga: 6 Tempat Makan Ini Namanya Nyeleneh, Nomor 4 Awas Jangan Ngeres

Terakhir, Ganjar pun tak lupa menunjuk sebuah rumah makan sate buntel sederhana sebagai tempat makan rekomendasi yang bisa disambangi saat hendak ingin menyantap hidangan sate buntel ketika berada di kota Solo.

 

“Kalau kamu main ke Solo, mampir ke sate Sumber Pak Mul. Tempatnya di jalan raya arah ke Tawangmangu. Mantap,” tambah Ganjar.

Bagaimana? Mendadak jadi ingin mencicipi kelezatan sate buntel khas Solo kan?

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini